Yersinia pestis

motorqq
win228

yesirnia pestis

Yersinia pestis adalah bakteri yang menyebabkan terjadinya penyakit pes. Penyakit pes pernah mengalami masa kejayaan pada sekitar tahun 541 dengan merenggut jutaan nyawa manusia di benua Eropa. Peristiwa itu dikenal dengan nama “Black Death”.

Baca juga: Meningitis Bakteri

Yersinia pestis sebenarnya adalah bakteri yang menginfeksi bangsa tikus. Dengan dengan bantuan kutu sebagai vektor utama, bakteri ini bisa pindah dari satu spesies ke spesies yang lain. Kutu menggigit tikus yang terinfeksi Y. pestis, kemudian menggigit spesies lain termasuk manusia sehingga spesies lain itu ikut menderita penyakit pes.

Memuat...

Penularan pes pada manusia bisa melalui percikan ludah (droplet) atau saat seseorang memakan hewan yang terinfeksi Y. pestis yang tidak dimasak dengan sempurna.

Penyakit pes bisa disembuhkan dengan pengobatan antibiotika yang tepat. Namun, pada kasus kasus pengobatan yang tidak baik, penyakit pes bisa menyebabkan kematian.

Baca juga: Ini Dia Daftar Bakteri Yang Kebal Segala Antibiotika

Yersinia sendiri diambil dari nama seorang bakteriologis asal Swiss, Alexandre-Emile-Jean Yersin (1863-1943). Beliau mengindentifikasi bakteri Y. pestis saat bepergian ke Hongkong tahun 1894, disaat ribuan orang tewas akibat penyakit pes di bagian selatan Tiongkok. Pada saat yang sama, bakteri ini juga diidentifikasi oleh bakteriologis asal Jepang, Shibasaburo Kitasako.

loading...

Satu tanggapan untuk “Yersinia pestis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *