Antibiotika Masa Depan Bisa Jadi Berasal Dari Ganja

motorqq
win228

tanaman ganja

Peneliti dari McMaster University mengidentifikasi adanya kandungan antimikroba pada tanaman ganja. Penemuan ini tentu saja menjadi angin segar bagi dunia medis khususnya bagi penemuan obat obat antibiotika baru di masa depan.

Baca juga: Antibiotika Bisa Sebagai Alternatif Untuk Pengobatan Radang Usus Buntu

Penelitian yang melibatkan berbagai disiplin ilmu ini menemukan, kandungan zat aktif pada ganja atau yang disebut dengan cannabigerol (CBG), selain efektif sebagai antibakteri, juga memiliki kemampuan melemahkan bakteri super yang kebal terhadap berbagai macam antibiotika atau dikenal dengan nama methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA).

Memuat...

Penemuan ini dipublikasikan dalam edisi terakhir dari jurnal American Chemical Society Infectious Diseases.

Dalam penelitian ini dilakukan penyelidikan terhadap 18 jenis ganja yang diperjualbelikan dan kesemua dari jenis ganja tersebut memiliki aktivitas anti bakteri. Aktivitas ini ada yang ringan, ada pula yang relatif kuat.

Fokus dari penelitian ini adalah efektifitas dati zat non psikoaktif dari ganja yang disebut dengan CBG sebagai antibakteri. Untuk mendapatkan efek yang diinginkan, peneliti harus melakukan sintesa CBG dari ganja dalam jumlah besar.

Pada kasus bakteri MRSA, CBG memiliki kemampuan mencegah terbentuknya biofilm pada MRSA yang merupakan lapisan pelindung bakteri ini sehingga menjadi kebal terhadap berbagai jenis antibiotika. Para peneliti menduga, CBG memiliki kemampuan merusak sel membran dari bakteri MRSA.

Baca juga: Ini Dia Daftar Bakteri Yang Kebal Segala Antibiotika

Sayangnya penelitian ini sifatnya masih elementer sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui efektifitas antibakteri dari CBG yang terdapat pada tanaman ganja. Perjalanan masih panjang untuk menjadikan ganja sebagai salah satu bahan baku antibiotika, tapi bagaimanapun hasil penelitian ini cukup menjanjikan.

loading...

Satu tanggapan untuk “Antibiotika Masa Depan Bisa Jadi Berasal Dari Ganja

  • Sabtu, 7 Maret 2020 pada 15:06
    Permalink

    kalau bicara ganja baut sebagian orang tabu tapi kalau bisa dipakai obat bukannya dulu sebagai obat bukansih sok tahu aku haha

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *