Tips Mencegah Tertular Virus Corona Menurut WHO

covid-19

Pagi ini (26/02/2020), WHO kembali mengeluarkan statement terbaru tentang wabah COVID-19 atau Wuhan Coronavirus. Menurut WHO, penyebaran COVID-19 semakin mengkhawatirkan dan berpotensi menjadi pandemi global. Beberapa negara bahkan sudah diminta bersiap siap menghadapi kemungkinan adanya pandemi COVID-19.

Baca juga: Mengenal Wuhan (Novel) Coronavirus

Pandemi (dari Yunani παν pan semua + δήμος demos orang) adalah epidemik penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, benua, atau bahkan di seluruh dunia. Menurut World Health Organization (WHO), pandemik terjadi jika telah memenuhi tiga kondisi: Munculnya penyakit baru pada penduduk.

Memuat...

Salah satu yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pandemi COVID-19 adalah dengan melakukan langkah langkah pencegahan terhadap kemungkinan tertular virus corona ini.

Menurut WHO, pencegahan yang bisa dilakukan oleh setiap individu adalah dengan menjaga kebersihan tangan dan perilaku yang sehat.

WHO menyarankan setiap orang untuk lebih rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir atau menggunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol. Tutup hidung dan mulut dengan bagian dalam siku saat bersin atau batuk. Sedapat mungkin menghindari kontak dekat dengan mereka yang sedang demam atau batuk.

Hindari kontak dekat dengan hewan liar atau hewan yang diperjualbelikan di pasar hewan. Jangan mengonsumsi daging hewan yang belum termasak dengan baik. Perhatikan saat kebersihan saat mengolah makanan agar tidak terjadi kontaminasi silang dengan daging yang belum diolah.

Baca juga: Ditemukan Virus Baru Pada Babi Yang Berpotensi Mengancam Manusia

Segera ke dokter jika menderita demam, batuk dan sesak nafas. Ceritakan secara lengkap riwayat perjalanan sebelum menderita keluhan tersebut kepada dokter yang merawat.

loading...

6 tanggapan untuk “Tips Mencegah Tertular Virus Corona Menurut WHO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *