Mengetahui Kekurangan Dan Kelebihan Colocation Server

Nex Data Center

Di tengah-tengah semakin jamannya dunia teknologi, sistem web dan program pun juga akan semakin pesat. Kebutuhan-kebutuhan jaringan juga akan semakin dipakai mengingat akan ada banyaknya data yang keluar masuk dan disimpan. Di samping itu semua colocation server lah yang menjadi solusinya. Keberadaannya sekarang sudah menjadi vital bagi perusahaan perusahaan, entah itu kecil sampai menegah keatas. Mungkin karena harganya yang lebih terjangkau dari pada kamu membuat data centernya sendiri sehingga banyak dari mereka yang memutuskan untuk menggunakannya.

Apa itu colocation server? Colocation adalah tempat untuk menempatkan atau meletakkan server dalam sebuah data center. Biasanya data center ini merupakan data center milik third party yang tidak dikelola sendiri. Colocation juga dapat berarti sebagai sebuah tindakan mempercayakan keamanan server dan bisa juga perawatan sebuah atau beberpa hardware server pada pihak data center third party. Jadi pada dasarnya colocation ini adalah menggunakan jasa layanan pihak third party untuk mengurus semua sistem serta perawatan hardware server. Dengan ini anda dapat lebih cepat menerima report atau laporan kerusakan sedini mungkin, sehingga dapat segera menyiapkan rencana cadangan atau hardware pengganti untuk server yang rusak. Sehingga dampaknya terhadap kemungkinan down time juga semakin kecil.

Contoh produk ada banyak, saat ini di Indonesia telah banyak perusahaan TI yang menyediakan layanan sewa Rack atau colocation, salah satunya nexdatacenter.com. Namun anda harus memperhatikan keamanan dari data center tersebut. Apakah sudah memenuhi kriteria standar data center yang aman dari bencana, siap support selama 24/7, dan layanan penting lainnya. Inilah pentingya memilih penyediaan layanan TI yang benar-benar trusted dan reliable. Layanan colocation biasanya dibutuhkan oleh perusahaan diberbagai bidang, pengelolaan website programmer, serta instansi lainnya yang membutuhkan layanan dan pengelolaan data dalam jumlah yang besar. Contohnya konkretnya adalah di bidang perbankan. Tapi meskipun ada keunggulannya, tetap saja semua itu ada kekurangannya. Berikut beberapa keunggulan dan kekurangan buat sobat yang menggunakan colocation server.

Memuat...

Keunggulannya adalah gampang dalam mengakses dan menyimpan server. Seperti yang sudah sempat dijelaskan tadi. Sekarang sudah mulai banyak perusahaan yang beralih memakai colocation server karena memiliki kelebihan yang bisa menguntungkan sistem bisnis mereka. Salah satu keunggulannya adalah gampang mengakses dan menyimpan server. Kamu sebagai penggunanya tidak usah lagi ribet menyiapkan ruangan untuk membangun data center sendiri atau pengadaaan peralatan yang dipakai untuk mendukung pembuatan data center itu. Keuntungan lainnya adalah teknisi ahli yang bisa membantu kapan pun. Dalam hal maintenance server, kamu tak usah ribet lagi karena, pihak jasa akan melayani pengaturan serever dengan staff yang sudah ahli. Kamu yang mau update sistem tidak usah lagi dilakukan sendiri, apalagi buat kamu yang tidak tahu caranya, bisa meminta bantuan mereka untuk melakukan update sistem. Keuntungan selanjutnya adalah cocok buat kamu yang berbudget terbatas. Data center memang sangat penting sebagai tempat untuk menyimpan data dari server. Maka dari itu, tidak sedikit dari perusahaan yang memiliki data center untuk menyimpan semua data mereka. Tentu memiliki pusat data sendiri akan mengeluarkan banyak modal, sehingga akan banyak datang budget yang anda harus keluarkan untuk perlengkapannya. Dengan memakai layanan colocation server, budget anda bisa semakin menghemat. Perlengakapan pusat data sudah mereka sediakan, sehingga anda hanya menitipkan server kamu untuk disimapan. Dengan begitu kamu tidak usah lagi mengeluakan banyak budget untuk membuatnya sediri.

Colocation server juga memiliki kekurangan yang harus anda ketahui. Tapi tidak usah khawatir karena kekurarangan hanya berupa hal tanggung jawab dalam kerusakan server. Ketika server kamu rusak atau error, pihak jasa mungkin masih bisa memperbikinya dan langsung menggantinya ke yang baru. Tapi kalau kerusakannya sudah sangat parah, kadang pihak jasa tidak akan bertanggung jawab atau angkat tangan. Memang hal ini tidak dilakukan oleh semua penyedia layanan colocation server. Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau anda bisa juga mengalaminya.

loading...