Mengenal Wuhan (Novel) Coronavirus

motorqq
win228

wuhan coronavirus

Apa sih Wuhan Coronavirus itu?

Wuhan Coronavirus atau dikenal dengan nama 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) adalah virus (coronavirus) yang menyebabkan terjadinya wabah penyakit saluran nafas yang pertama kali terjadi di Wuhan, Tiongkok.

Baca juga: Mengenal Enterovirus

Sebelum menderita sakit saluran nafas, beberapa pasien diketahui sempat mengunjungi sebuah pasar hewan di Wuhan sehingga diduga pada mulanya penularan Wuhan Coronavirus berasal dari hewan ke manusia. Selanjutnya, sebagian pasien yang menderita penyakit yang sama ternyata mengaku tidak pernah pergi ke pasar hewan, dari sini disimpulkan telah terjadi penularan Wuhan Coronavirus dari manusia ke manusia.

Memuat...

Apa gejala orang yang terinfeksi Wuhan Coronavirus?

Orang yang terinfeksi Wuhan Coronavirus dilaporkan mengalami gejala infeksi saluran nafas dari yang ringan sampai berat. Gejala tersebut antara lain:

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak nafas

Gejala ini muncul kurang lebih 2 hari sampai 14 hari setelah seseorang terpapar virus corona. Masa inkubasi ini mirip dengan masa inkubasi virus corona penyebab MERS.

Bagaimana penularan virus corona?

Coronavirus adalah keluarga virus yang sangat besar. Virus ini kerap ditemukan di berbagai spesies hewan seperti unta, domba, kucing dan kelelawar. Virus corona yang menyerang manusia sebenarnya sangat jarang. Sebelum merebaknya kasus Wuhan Coronavirus, jenis virus corona yang menyerang manusia adalah virus corona penyebab SARS dan MERS.

Bila ditelusuri awal mula terjadinya wabah Wuhan Coronavirus, penderita memiliki riwayat kontak dengan hewan di pasar hewan Wuhan sehingga diduga di sanalah awal mula terjadinya penularan virus corona. Dengan bertambahnya jumlah pasien yang tidak pernah kontak dengan hewan atau pergi ke pasar hewan Wuhan maka disimpulkan telah terjadi penularan dari manusia ke manusia.

Seperti halnya MERS dan SARS, penularan Wuhan Coronavirus antar manusia terjadi melalui droplet atau percikan ludah saat penderita batuk atau bersin. Cara penularan yang sama juga terjadi pada penyakit influenza. Risiko penularan tinggi pada mereka yang kontak dekat dengan penderita.

Untuk diketahui, mudah atau tidaknya virus menular dari satu individu ke individu yang lain sangat bervariasi. Ada virus yang sangat menular seperti virus campak, ada pula virus yang tidak mudah menular. Sampai saat ini, seberapa mudah virus 2019-nCoV menular belum diketahui dengan pasti. Hal ini penting diketahui agar bisa dipahami risiko yang bisa timbul dari virus corona jenis baru ini.

Apakah infeksi virus corona bisa dicegah?

Sampai saat ini vaksin untuk infeksi Wuhan Coronavirus belum tersedia. Cara terbaik untuk mencegah infeksi adalah menghindari paparan virus. Caranya,

  • Sering sering mencuci tangan menggunakan air dan sabun sekurang kurangnya selama 20 detik. Bila air dan sabun tidak tersedia, gunakan hand sanitizer.
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit.
  • Jangan keluar rumah saat sakit.
  • Tutuplah hidung dan mulut saat batuk atau bersin menggunakan tisu lalu buanglah tisu itu di tempat sampah.
  • Sering seringlah membersihkan benda yang kerap disentuh dengan cairan disinfektan.

Apakah infeksi Coronavirus bisa diobati?

Sampai saat ini belum tersedia pengobatan spesifik untuk infeksi 2019-nCoV. Mereka yang terinfeksi 2019-nCoV harus mendapatkan pengobatan khusus untuk meringankan gejala yang terjadi. Pada kasus kasus tertentu, pengobatan bisa berupa bantuan fungsi organ vital.

Baca juga: Ditemukan Virus Baru Pada Babi Yang Berpotensi Mengancam Manusia

Akhir kata, segera ke dokter bila selama sepekan ini sempat bepergian ke Wuhan dan mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas.

loading...