5 Kriteria Data Center yang Dapat Diandalkan Oleh Perusahaan

Nex Data Center

Layanan data center atau pusat data berfungsi untuk menyimpan data dan informasi dari sebuah perusahaan dalam jumlah yang besar. Data dari perusahaan tersebut terus meningkat setiap harinya, apalagi jika perusahaan yang menggunakannya adalah ecommerce atau online shop. Pengunjung dan data yang terus meningkat memungkinkan terjadinya risiko downtime akibat server dan pusat data yang bermasalah. Agar terhindar dari masalah tersebut maka Anda wajib memilih layanan yang memiliki kualitas tinggi dan dapat diandalkan.

Berikut Ini 5 Kriteria Data Center yang Baik

Ada banyak penyedia layanan data center yang bisa Anda temukan di Indonesia maupun luar negeri. Namun tidak semua layanan tersebut mampu memenuhi kebutuhan Anda, terutama yang memiliki jumlah data yang besar. Berikut ini ada 5 kriteria layanan pusat data yang bisa diandalkan oleh perusahaan:

Memuat...

1. Scalability dan Flexibility

Bisnis merupakan salah satu bidang yang memiliki perkembangan cukup pesat. Jadi layanan pusat data harus mampu menyesuaikan diri terhadap berbagai macam perubahan yang mungkin terjadi. Misalnya ada perubahan dalam pusat data maka tidak akan ada banyak hal yang harus diubah dari pusat data yang sudah ada. Apabila pusat data yang Anda pilih harus melakukan perubahan yang besar pada setiap perkembangan yang terjadi di bisnis Anda maka hal tersebut akan merugikan. Karena semakin besar perubahan yang dilakukan maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan agar pusat data siap digunakan kembali sehingga bisnis Anda bisa terhambat.

2. Availability

Kriteria selanjutnya yang harus dimiliki oleh sebuah layanan data center yang baik yaitu availability. Layanan pusat data harus mampu memberikan pelayanan yang berkesinambungan atau berkelanjutan untuk setiap pelanggannya, bahkan pada keadaan atau situasi darurat misalnya ketika terjadi bencana alam yang tidak bisa dihindari seperti banjir atau gempa bumi. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kerugian atau malah bisa mendapatkan keuntungan dari situasi yang ada meskipun ada kerusakan ataupun tidak ada kerusakan.

3. Security

Sebuah perusahaan menyewa pusat data salah satunya dengan tujuan untuk menjaga data penting yang dimiliki agar aman. Jadi sudah sewajarnya jika layanan pusat data memiliki kemampuan untuk memberikan keamanan tingkat tinggi pada data yang disimpan di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa merasa aman untuk menggunakan layanan yang diberikan karena risiko kehilangan atau kerusakan yang kecil. Tidak hanya dari segi fisik saja, layanan pusat data juga harus mampu memberikan infrastruktur keamanan dari segi non fisik.

4. Memiliki Standarisasi Organisasi Internasional

Sebenarnya kualitas dari sebuah layanan data center bisa dipastikan dengan Standarisasi Organisasi Internasional. Standarisasi tersebut hanya diberikan kepada layanan yang memenuhi kriteria saja sehingga bisa dipastikan bahwa layanan yang memilikinya mempunyai kualitas yang sudah terjamin.

5. Lokasi dan Pengelolaan

Kriteria layanan pusat data yang bisa diandalkan oleh perusahaan Anda yang terakhir yaitu memiliki lokasi dan pengelolaan yang baik. Pusat data yang baik memiliki lokasi yang aman dan strategis. Selain itu, mereka juga memiliki pengelolaan yang baik mulai dari perawatan, mitigasi bencana, rencana pemulihan bencana, prosedur operasi, dan standar penting lain.

Itulah 5 kriteria yang harus ada ketika Anda ingin menggunakan layanan data center atau pusat data. Jika sebuah layanan pusat data memiliki kriteria-kriteria di atas maka layanan tersebut layak untuk dipertimbangkan. NEX merupakan penyedia layanan pusat data yang dapat diandalkan oleh perusahaan Anda. Dengan menggunakan pusat data ini maka operasional perusahaan Anda akan berjalan dengan baik.

Tulis Komentar

loading...