Jarang Berhubungan Seks Dapat Mempercepat Terjadinya Menopause

seks menopause

Wanita yang aktif berhubungan seks dalam seminggu atau sebulan memiliki kecenderungan lebih lambat memasuki masa menopause bila dibandingkan dengan wanita yang jarang berhubungan seks. Demikian kata penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Royal Society Open Science.

Baca juga: 6 Penyebab Rasa Sakit Setelah Berhubungan Seks

Lebih jauh dalam penelitian ini disebutkan, wanita yang mengaku aktif berhubungan seksual setiap minggu, 28% lebih lambat memasuki masa menopause bila dibandingkan dengan wanita yang berhubungan seksualnya kurang dari sebulan sekali. Hubungan seksual disini termasuk hubungan kelamin, seks oral, petting dan rangsangan seksual lainnya.

Memuat...

Hipotesa dari penelitian ini adalah, wanita yang jarang berhubungan seksual direspon oleh tubuh sebagai wanita yang tidak ingin hamil sehingga energi ovulasi dialihkan ke energi yang lain. Pengalihan energi ini salah satunya adalah mempersiapkan diri menjadi nenek. Dan, untuk menjadi nenek, proses menopause akan dipercepat.

Baca juga: Inilah Daftar Penyakit Menular Seksual Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Penelitian ini berdasarkan data yang dikumpulkan dari SWAN Study dalam rentang waktu 1996/1997. Responden wanita yang dilibatkan sebanyak 2.936 orang.

Tulis Komentar

loading...