Benarkah Minum Kopi Dapat Menurunkan Berat Badan?

minum kopi

Bila menurunkan berat badan menjadi salah satu resolusimu di tahun baru kemarin, cobalah untuk mewujudkannya dengan cara minum kopi. Kok bisa?

Baca juga: Benarkah Kopi Dapat Mencegah Parkinson?

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, minum kopi sebanyak 4 cangkir setiap hari dapat membantu menurunkan jumlah lemak yang ada di dalam tubuh.

Loading...

Kesimpulan penelitian ini diambil setelah dilakukan pengamatan efek minum kopi selama 24 minggu pada 126 orang laki laki dan perempuan gemuk yang tinggal di Singapura.

Pada awalnya, para peneliti mencoba mengetahui efek kopi terhadap penurunan risiko diabetes tipe 2 terutama tentang penurunan risiko terbentuknya resistensi insulin. Sebagaimana diketahui, resistensi insulin merupakan penyebab utama kenaikan gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Sayangnya sampai akhir penelitian, para peneliti gagal menyimpulkan manfaat kopi untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Namun, para peneliti justru menemukan sesuatu yang cukup mengejutkan. Para peminum kopi ini terutama yang minum kopi lebih dari 4 cangkir setiap hari ternyata mengalami penurunan jumlah lemak tubuh sampai hampir 4% setelah 6 bulan.

Temuan ini cukup mengejutkan bagi para peneliti. Selama ini mereka tidak memikirkan manfaat kopi bagi penurunan berat badan. Bahkan penurunan berat badan bisa terjadi pada mereka yang tidak melakukan perubahan pola makan dan pola hidup.

Selanjutnya para peneliti ini menduga, efek penurunan berat badan pada peminum kopi terjadi sebagai hasil dari suatu reaksi metabolik. Kafein pada kopi memiliki efek memacu metabolisme sehingga meningkatkan proses pembakaran kalori. Peningkatan pembakaran kalori ini tentu saja akan berujung pada penurunan massa lemak tubuh.

Baca juga: Minum Kopi Terbukti Dapat Melindungi Otak

Sebagai catatan disini, efek penurunan berat badan yang didapat setelah minum kopi hanya akan berlangsung optimal bila yang diminum adalah kopi berkafein tanpa gula.

Tulis Komentar

loading...

loading...