Mengenal Vitamin E (Vitamin Antioksidan)

minum vitamin E

Vitamin E atau Alpha-tocopherol adalah vitamin antioksan yang di dalam tubuh bermanfaat sebagai pengikat radikal bebas. Sebagaimana diketahui, radikal bebas merupakan salah satu penyebab dari kerusakan jaringan tubuh. Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dan kanker paru paru.

Vitamin E dan Jantung

Dalam sebuah penelitian (Nurses’ Health Study) yang melibatkan lebih dari 80.000 wanita, mereka yang mengonsumsi vitamin E dalam jumlah cukup memiliki risiko serangan jantung yang lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi vitamin E dalam jumlah sedikit. Sementara itu dalam penelitian ATBC (Alpha-Tocopherol Beta-Carotene Cancer Prevention), pria yang telah didiagnosa dengan penyakit arteri koroner, ternyata tidak mengalami penurunan fatalitas serangan jantung setelah diberikan 50mg vitamin E sintetik. Hal yang sama terjadi pada pria penderita penyakit arteri koroner yang diberikan placebo.

Sementara itu dalam penelitian CHAOS (Cambridge Heart Antioxidant Study), penderita penyakit arteri koroner yang diberikan vitamin E alami dosis tinggi (melebihi dosis anjuran), mengalami penurunan risiko serangan jantung bila dibandingkan dengan penderita penyakit arteri koroner yang hanya diberikan placebo.

Memuat...

Vitamin E dan Kanker Paru

Kerusakan DNA sel oleh radikal bebas diduga merupakan penyebab utama dari terbentuknya sel sel kanker. Sayangnya, dari berbagai penelitian yang dilakukan baik secara random, prospektif, kontrol placebo yang melibatkan vitamin antioksidan, hasil yang didapatkan masih jauh dari harapan. Pada penelitian pencegahan kanker ATBC didapatkan kesimpulan, vitamin E tidak begitu bermanfaat untuk pencegahan kanker paru paru.

Vitamin E dan Kanker Prostat

Pada penelitian pencegahan kanker ATBC, pria yang diberikan alpha-tocopherol (vitamin E) memiliki kecenderungan menderita kanker prostat yang lebih rendah bila dibandingkan dengan pria yang diberikan placebo. Vitamin E yang digunakan dalam pengobatan juga menunjukan penurunan angka kematian pada penderita kanker prostat yang mendapatkan suplemen tambahan vitamin E.

Meskipun disebutkan beberapa manfaat vitamin E dari berbagai penelitian, dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin E dalam bentuk yang alami.

loading...