Manfaat Bir Dan Wine Bagi Jantung

minum bir

Mungkin selama ini kita menganggap minuman keras sebagai minuman beralkohol yang harus dijauhi. Mungkin pula karena alasan tertentu terutama alasan kepercayaan, kita enggan bersentuhan dengan minuman yang mengandung alkohol. Tapi tahukah kamu? Menurut beberapa penelitian, minuman beralkohol juga memiliki manfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, ada berbagai penelitian yang membuktikan bahwa minuman keras bermanfaat bagi tubuh dan dapat menuntun seseorang sehingga memiliki umur yang panjang.

Pertanyaannya, apa saja manfaat minuman keras bagi kesehatan tubuh manusia?

Loading...

Manfaat minuman beralkohol yang banyak disebutkan dalam berbagai macam penelitian antara lain dari menguatkan otak hingga menyembuhkan pilek dan masuk angin. Tentu saja manfaat itu baru bisa didapat bila minuman beralkohol tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Artinya, konsumsi minuman beralkohol tidak sampai menyebabkan kecanduan.

Manfaat wine dan bir untuk jantung.

Salah satu minuman beralkohol yang memiliki manfaat bagi tubuh terutama untuk kesehatan jantung adalah bir dan anggur merah atau wine. Menurut sebuah penelitian, konsumsi bir dan wine secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung sampai 40 persen. Kesimpulan penelitian ini merupakan hasil analisa lebih dari 100 penelitian di Amerika Serikat.

Manfaat minuman beralkohol untuk kesehatan jantung terutama berkaitan dengan kemampuan dari minuman ini terutama wine untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL, serta mengurangi risiko penggumpalan darah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah koroner. Sebagaimana diketahui, kadar kolesterol LDL yang tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung atau serangan jantung.

Khusus untuk bir, menurut penelitian terbaru, mengonsumsi bir dalam porsi wajar dapat mengurangi risiko penyakit jantung sampai 25 persen. Manfaat bir ini bagi penurunan risiko penyakit jantung kurang lebih sama dengan anggur merah. Salah satu contoh bir yang kerap diminum akhir akhir ini adalah guinness quart.

Meskipun memiliki manfaat kesehatan, bukan berarti para dokter menganjurkan minum bir dan anggur merah untuk sekedar menurunkan risiko penyakit jantung. Ada banyak upaya lain yang bisa dilakukan bila seseorang tidak memungkinkan untuk mengonsumsi minuman beralkohol.

Tulis Komentar

loading...

loading...