Tips Penanganan Luka Operasi Caesar Agar Kembali Sehat

motorqq
win228

operasi sesar

Operasi caesar adalah salah satu metode persalinan yang cukup banyak dijalani untuk ibu yang hendak melahirkan. Selama operasi caesar berlangsung, mungkin Anda tidak akan merasakan sakit karena pengaruh obat bius yang disuntikkan sebelumnya. Namun setelah operasi, biasanya akan muncul rasa sakit atau nyeri, khususnya di bagian luka sayatan bekas operasi caesar.

Yap, pada saat operasi caesar ini perut Anda disayat menggunakan alat khusus, yang kemudian ditutup kembali dengan jahitan sehingga akan meninggalkan bekas luka. Nah, agar cepat sembuh dan pulih seperti sedia kala, Anda wajib melakukan berbagai cara untuk merawat bekas luka ini agar cepat sembuh dan kering sehingga Anda dapat beraktivitas kembali.

Di awal setelah persalinan selesai dilakukan, maka bekas luka jahitan akan terlihat seperti sedikit timbul, bengkak, dan warnanya lebih gelap. Jika dibandingkan dengan warna kulit asli Anda, warna bekas luka dari jahitan operasi caesar ini akan cenderung lebih gelap dan cukup menganggu pemandangan Anda.

Memuat...

Melakukan kegiatan atau pergerakan apa pun yang memengaruhi otot-otot perut Anda, biasanya akan membuat bekas operasi caesar akan terasa sakit dan nyeri. Hal ini tentu akan sangat membuat Anda merasa tidak nyaman apalagi ketika hendak merawat bayi Anda. Anda pun dianjurkan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri.

Obat pereda nyeri untuk perawatan luka ini cukup penting untuk dikonsumsi. Pasalnya, rasa sakit yang Anda alami setidaknya akan berkurang ketika mengonsumsi obat pereda nyeri ini. Usahakan untuk membentuk postur tubuh yang baik ketika Anda berdiri atau berjalan. Sesekali atau sering, mungkin Anda akan merasakan sedikit nyeri dan tidak nyaman pada bekas luka operasi caesar tersebut apalagi saat bersin, batuk, atau tertawa.

Solusinya, Anda harus usahakan untuk menahan sedikit perut Anda di bagian bekas sayatan selama Anda melakukan gerakan tiba-tiba seperti bersin atau batuk ini. Hal ini agar rasa sakit yang Anda rasakan tidak terlalu sakit.

Simak juga di https://www.guesehat.com/mums-begini-cara-yang-tepat-merawat-luka-caesar untuk mengetahui tips lain dalam merawat luka operasi caesar. Di www.guesehat.com Anda juga bisa mendapat informasi kesehatan yang lain juga dan tentunya bermanfaat untuk Anda.

loading...