Perut Buncit Dapat Menganggu Proses Berpikir. Kok Bisa?

motorqq
win228

lemak perut

Memiliki perut buncit tidak hanya agak kurang sedap dipandang, menurut sebuah penelitian terbaru, perut yang membuncit juga dapat mengurangi fleksibelitas dalam berpikir.

Baca juga: Tips Mengecilkan Perut Buncit

Penelitian yang dilakukan di negara bagian Iowa, Amerika Serikat ini menemukan, berkurangnya massa otot dan bertambahnya lemak pada tubuh dapat berimbas pada fleksibilitas dalam berpikir seiring dengan makin bertambahnya usia. Biang kerok dari masalah ini adalah perubahan pada sistem imun tubuh.

Memuat...

Hasil penelitian ini tentu saja akan menjadi kabar yang mengembirakan bagi mereka yang bergelut dalam bidang pengobatan masalah mental terutama pada orang lanjut usia dengan kegemukan, kurang gerak dan menurunnya massa otot akibat proses penuaan.

Penelitian ini menggunakan data dari 4.000 orang usia pertengahan yang tinggal di Inggris baik berjenis kelamin laki laki maupun perempuan. Para peneliti melakukan pengukuran langsung terhadap massa otot, lemak perut dan lemak di bawah kulit yang dihubungkan dengan perubahan kecerdasan selama lebih dari enam tahun.

Hasilnya, kebanyakan mereka yang usianya 40an dan 50an tahun dengan tubuh gemuk memiliki tingkat kecerdasan yang rendah. Uniknya, mereka yang memiliki massa otot yang tinggi justru tidak mengalami hal yang serupa. Ini artinya, massa otot bisa sebagai proteksi dari menurunnya kecerdasan yang disebabkan oleh kegemukan.

Secara umum, peningkatan lemak tubuh dan menurunnya massa otot terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Untuk memperlambat proses ini, disarankan untuk rutin berolahraga terutama olahraga beban yang dapat meningkatkan massa otot. Usaha ini kudu lebih keras dilakukan oleh perempuan karena secara alamiah, massa otot pada perempuan memang lebih kecil bila dibandingkan dengan pria.

Baca juga: Semakin Lama Gemuk Maka Akan Semakin Berisiko Sakit Jantung

Penelitian terbaru ini kemudian dihubungan dengan penelitian sebelumnya yang melihat hubungan antara perubahan aktivitas sistem imun dengan lemak dan massa otot yang kemudian berlanjut mempengaruhi kecerdasan.

Sayangnya korelasi yang lebih detil dari sistem imun, lemak tubuh, massa otot dan kecerdasan masih membutuhkan penelitian lanjutan.

loading...