Mari Mengenal Keracunan Merkuri

motorqq
win228

penyakit minamata

Keracunan merkuri adalah keracunan yang disebabkan oleh elemen logam dari air raksa atau merkuri. Sebagaimana diketahui, elemen logam dari merkuri memang sangat beracun bagi manusia. Keracunan ini bisa berlangsung akut maupun kronis.

Baca juga: Sekilas Keracunan Makanan

Keracunan akut merkuri bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada dinding lambung dan usus halus. Merkuri juga meracuni saluran pada ginjal sehingga menyebabkan penderita keracunan akut merkuri mengalami gangguan perkemihan (anuria) serta anemia. Untungnya, saat ini keracunan akut merkuri sudah sangat jarang terjadi.

Memuat...

Keracunan kronis merkuri dapat menyebabkan diare, respon refleks yang menurun, memburuknya koordinasi, ataksia, tremor, gangguan penglihatan dan gangguan emosional.

Kasus kasus keracunan merkuri sudah dikenal sejak lama. Pada tahun 1800an pernah muncul istilah “mad as hatter” yang merupakan istilah untuk mereka yang keracunan merkuri dari topi yang dibuat menggunakan garam merkuri. Konsumsi makanan yang terkontaminasi methylmercury juga sempat mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia dan sakit di sekitar teluk Minamata, Jepang.

Minamata sendiri kemudian dijadikan nama penyakit yang disebabkan oleh keracunan methylmercury. Gejala dari penyakit minamata antara lain menurunnya kemampuan sensoris saraf tepi, tremor, disartia, ataksia, gangguan pendengaran dan gangguan penglihatan.

Penyakit minamata tidak hanya berisiko menyerang orang dewasa, janin yang belum lahir pun berisiko mengalami gangguan. Hal ini disebabkan karena methylmercury memiliki kemampuan menembus sawar darah plasenta. Efek penyakit minamata pada janin di dalam kandungan adalah gangguan pembentukan otak. Anak yang terlahir dengan penyakit minamata memiliki ciri berupa gangguan pertumbuhan, mikrocefali (ukuran kepala yang kecil), gangguan mental berat, tuli dan kebutaan.

Data menunjukan, penyakit minamata tidak hanya terjadi pada mereka yang mengonsumsi ikan yang terkontaminasi methylmercury tetapi juga ibu ibu yang mengonsumsi tepung yang diolah menggunakan methylmercury. Kasus yang terjadi di Irak ini tercatat menyebabkan masalah pada 6.500 orang. Sedangkan kasus di New Mexico, Amerika Serikat terjadi karena daging yang berasal dari hewan yang diberi makan rumput yang terkontaminasi merkuri.

Merkuri juga menyebabkan pencemaran udara sebagai hasil dari pengolahan batu bara pada pembangkit listrik batu bara. Merkuri yang terbawa udara ini kemudian berubah menjadi methylmercury atas bantuan bakteri. Methylmercury ini kemudian masuk ke dalam tubuh ikan dari menumpuk pada lemak ikan. Sebagaimana diketahui, ikan merupakan sumber makanan yang paling banyak terkontaminasi merkuri. Selain dari makanan, merkuri juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui bahan penambal gigi, obat obatan, kontak secara langsung dengan bahan yang mengandung elemen merkuri.

Baca juga: Mengenal Botulisme Yang Kerap Digunakan Sebagai Bioterorisme

Badan POM Amerika Serikat (FDA) memberi peringatan pada wanita yang berencana hamil, ibu hamil, ibu menyusui, orang tua dari anak anak agar lebih berhati hati dalam memilih ikan untuk dikonsumsi sehingga bisa mendapatkan manfaat yang sehat dari ikan. Peringatan itu salah satunya agar menghindari jenis jenis ikan yang tinggi kadar merkurinya seperti ikan ikan besar.

loading...