Polio Kembali Hantui Malaysia. Indonesia Hati Hati

motorqq
win228

vaksin polio

Aktivtas dan kampanye yang dilakukan oleh kaum antivaks kembali membuahkan hasil. Setelah Samoa dibuat porak poranda oleh wabah campak yang menewaskan lebih dari 40 orang, kini Malaysia kembali dihampiri oleh kasus polio setelah 27 tahun bebas polio.

Baca juga: Polio (Poliomyelitis)

Otoritas kesehatan Malaysia baru baru ini mengumumkan seorang bayi berusia 3 bulan positif terinfeksi polio. Kasus polio pertama sejak 27 tahun yang lalu ini terjadi di daerah Tuaran, Sabah bagian timur. Bayi tersebut segera mendapatkan penanganan intensif setelah ke dokter dengan keluhan demam disertai dengan kelemahan pada otot otot.

Memuat...

Saat tulisan ini dibuat, bayi tersebut sedang mendapatkan perawatan intensif di ruang isolasi. Kondisi terakhir dalam keadaan stabil meskipun masih membutuhkan alat bantuan nafas.

Polio adalah penyakit infeksi virus yang sangat menular. Sampai saat ini penyakit polio belum bisa disembuhkan dan hanya bisa dicegah dengan pemberian beberapa tetes vaksin melalui mulut dan suntikan. Polio menyerang sistem saraf pusat, baik pada otak maupun tulang belakang. Pada kasus yang jarang, polio dapat menyebabkan kematian.

Banyak negara di dunia sebenarnya sudah sangat berhasil dalam menurunkan atau bahkan meniadakan kasus polio. Organisasi kesehatan dunia atau WHO mencatat tahun lalu hanya ada 33 kasus polio yang terjadi di seluruh dunia.

Malaysia sendiri telah menyatakan diri bebas polio pada tahun 2000, meskipun kasus terakhir polio yang terjadi di negara itu adalah pada tahun 1992.

Kasus polio yang terjadi di Malaysia hanya beberapa bulan setelah Filipina mengalami kasus serupa. Sebagaimana diketahui, negara bagian Sabah dan Filipina letaknya sangat berdekatan. Kasus yang terjadi di Filipina pada bulan september lalu merupakan kasus pertama sejak dua dekade terakhir.

Baca juga: Apa Saja Gejala Penyakit Saraf ?

Bagaimana dengan Indonesia? Yang jelas kita di Indonesia kudu ekstra hati hati sebab kedua kasus polio yang terjadi di negara tetangga wilayahnya sangat dengan dengan Indonesia. Apalagi beberapa tahun terakhir, makin banyak orang tua yang menolak anaknya divaksin. Mudah mudahan kasus polio yang terjadi di negara tetangga bisa membuka kembali mata kita bahwa polio merupakan penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai dan sangat bisa dicegah dengan vaksinasi.

loading...