Ganja Meningkatkan Risiko Kanker Testis Pada Pria

motorqq
win228

rokok ganja

Bila selama ini para penggiat legalisasi ganja selalu menggembor gemborkan keamanan ganja, ada berita mengejutkan datang dari negeri Paman Sam. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan, pria yang rutin merokok ganja mengalami peningkatan risiko menderita kanker testis.

Baca juga: Penggunaan Ganja Meningkatkan Risiko Kematian Akibat Hipertensi

Menurut peneliti yang mempublikasikan penelitiannya dalam edisi terbaru jurnal American Medical Association, mengonsumsi ganja secara rutin berhubungan dengan pembentukan sel sel tumor pada testis.

Memuat...

Dalam penelitian jangka panjang ini, para peneliti melakukan analisa data terhadap sejumlah pria yang menggunakan ganja dibandingkan dengan pria yang tidak menggunakan ganja. Hasilnya, pria yang merokok ganja secara rutin mengalami peningkatan risiko kanker testis sampai 36% bila dibandingkan dengan pria yang tidak merokok ganja.

Walaupun penelitian ini bukan dirancang untuk menemukan hubungan sebab akibat antara kanker testis dengan pemakaian ganja, para peneliti berharap ada penelitian lanjutan tentang hal ini sehingga diperoleh hasil yang lebih memuaskan.

Baca juga: 10 Mitos Tentang Ganja

Pada kampanye yang dilakukan oleh para penggiat legalisasi ganja, salah satu poinnya adalah karena ganja memiliki efek anti kanker. Penelitian ini sedikit banyak bisa digunakan sebagai bahan untuk menambah wawasan tentang efek dari pemakaian ganja dalam jangka panjang.

loading...