Hipoglikemia

hipoglikemia

Hipoglikemia adalah suatu kondisi tubuh yang ditandai dengan rendahnya kadar gula darah. Penderita hipoglikemia umumnya akan mengalami gejala berupa gelisah, berkeringat dingin, gemetaran, berdebar debar, mual dan lemas.

Baca juga: Ini Dia Penyebab Hipoglikemia Pada Penderita Kencing Manis

Hipoglikemia akan menyebabkan terjadinya gangguan asupan energi pada otak sehingga otak kekurangan energi untuk bisa bekerja secara optimal. Saat otak kekurangan energi, penderita hipoglikemia akan merasakan sakit kepala, penurunan kesadaran ringan, perilaku yang abnormal, pingsan, kejang dan koma. Pada kasus kasus yang berat, hipoglikemia dapat menyebabkan kematian.

Loading...

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya hipoglikemia, diantaranya penggunaan obat obatan anti diabetes (insulin), penyakit liver, operasi pembedahan yang menyebabkan terjadinya pemendekan usus, tumor yang menyebabkan terjadinya produksi insulin yang berlebihan dan pada pasien pre diabetes. Pada orang orang tertentu, hipoglikemia bisa terjadi saat orang tersebut berpuasa.

Hipoglikemia merupakan keadaan gawat darurat yang membutuhkan penanganan segera. Pertolongan pertama penderita hipoglikemia berupa pemberian glukosa dalam jumlah besar dan diulangi dalam beberapa kali pemberian bila gejala belum menunjukan perbaikan.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Diabetes

Pengobatan hipoglikemia juga ditujukan untuk mengatasi penyakit yang mendasari terjadinya, seperti gangguan pada liver dan lain lain. Untuk hipoglikemia yang reaktif, pengobatan biasanya dilakukan dengan kombinasi atau pengaturan diet.

Tulis Komentar

loading...

loading...