4 Macam Bentuk Pertanyaan Tes Kepribadian Online

tes kepribadian

Sebuah perusahaan ketika ingin melakukan proses recruitment untuk mencari kandidat-kandidat baru yang sesuai dengan posisi kosong pasti melakukan sebuah tes kepribadian terlebih dahulu. Hal ini ditujukan, agar karakter seseorang tersebut sesuai dengan tanggung jawab yang nantinya akan mereka emban. Maka dari itu, untuk kalian yang sedang dalam proses seleksi sebaiknya berlatih diri menggunakan beberapa tes kepribadian online agar lebih terbiasa dengan beberapa bentuk atau model tes yang dilakukan. Untuk lebih mengenal beberapa bentuk tes tersebut, mari kita simak bersama beberapa penjelasan berikut ini.

Test DISC

Saat ini tes DISC sudah banyak sekali digunakan hampir oleh seluruh perusahaan di sekitar kita. Selain mudah di aplikasikan untuk proses rekrutment karyawan baru. Test DISC ini biasanya sangat mudah dilakukan secara online, jadi sangat berguna untuk mempersingkat waktu rekrutment. Adapun cara kerja dari test DISC ini adalah si calon karyawan diharuskan untuk mengisi sebuah jawaban dari beberapa pertanyaan sesuai dengan karakter dirinya. Jadi tujuan dilakukannya test DISC ini adalah untuk mengetahui cara si calon karyawan ini berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya. Selain untuk mengetahui cara si karyawan baru dalam berkomunikasi, test DISC ini juga bisa digunakan untuk mengukur tingkat stres si karyawan tersebut ketika mereka berhadapan dengan sebuah situasi yang menekan dirinya. Jadi secara tidak langsung kepribadian orang tersebut akan tergambar melalui test kepribadian online ini.

Test Papikostik

Bentuk test papikostik yang satu ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Para calon karyawan yang akan melakukan tes ini hanya perlu mengisi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh tim recruiter. Kuncinya, si calon karyawan ini harus dengan jujur dengan jawaban yang mereka berikan. Karena tujuan dari adanya tes papikostik ini adalah untuk melihat sifat asli dari si calon karyawan tersebut. Biasanya satu pertanyaan dengan pertanyaan yang lainnya akan saling berkaitan satu sama lain. Sehingga ketika si calon karyawan ini menjawab dengan tidak sesuai dari satu pertanyaan yang sebelumnya sudah dipertanyaan, sistem akan menunjukan kerancuan hasil. Sehingga tim HR atau tim recruiter akan melakukan pembahasan melalui hasil tes yang ditunjukan untuk mendapatkan satu kesepakatan bersama.

Loading...

Test Sack’s Sentence Completion (SSCT)

Berbeda dengan kedua tes yang sudah disebutkan sebelumnya, tes SSCT digunakan untuk mengetahui bagaimana perasaan seseorang pada saat mereka melakukan tes. Biasanya tes yang satu ini tidak hanya dilakukan untuk proses rekrutment saja, akan tetapi dilakukan juga dalam dunia medis guna mengetahui perasaan si pasien. Sama dengan tes papikostik, seorang karyawan atau pasien hanya perlu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penyelenggara. Sehingga jawaban yang diberikan bisa menggambarkan perasaan mereka saat ini, terkait dengan perasaan mereka terhadap keluarga mereka, teman mereka, dan juga situasi sosialnya.

Test Edward’s Personal Preference Scale (EEPS)

Tujuan dari adanya tes EEPS ini adalah untuk mengetahui jiwa kepemimpinan yang ada pada diri seseorang. Bagaimana mereka berinteraksi dengan orang disekitarnya, dan bagaimana seseorang tersebut melakukan penyelesaian dalam masalah yang sedang mereka hadapi. Selain itu tes EEPS sangat berguna sekali untuk menilai, bagaimana seseorang tersebut melakukan negosiasi dengan orang lain.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis atau bentuk tes kepribadian yang biasanya sering digunakan untuk mengetahui kebiasaan atau sifat seseorang. Empat bentuk tes yang disebutkan sebelumnya digunakan untuk melihat personal seseorang. Jika anda ingin berlatih silahkan gunakan beberapa situs tes kepribadian online yang sudah terpercaya.

Tulis Komentar

loading...