Hiperkolesterolemia

hiperkolesterolemia

Hiperkolesterolemia adalah istilah medis untuk kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah. Penyakit ini bisa terjadi secara tiba tiba tanpa riwayat penyakit yang sama pada keluarga. Hiperkolesterolemia merupakan bagian dari hiperlipidemia.

Baca juga: Ini Bahayanya Mengonsumsi Kolesterol Baik Secara Berlebihan

Pajak Games

Salah satu jenis hiperkolesterolemia yang paling banyak penderitanya adalah hiperkolesterolemia familia. Tipe hiperkolesterolemia ini diturunkan secara genetik dan berisiko menyebabkan terjadinya arteriosklerosis dini. Penyakit jantung koroner dan serangan jantung di usia muda adalah komplikasi berat yang bisa terjadi pada penderita hiperkolesterolemia familia. Menurut sebuah penelitian, setengah dari pria dan sepertiga dari wanita penderita hiperkolesterolemia familia mengalami serangan jantung sebelum menginjak usia 60 tahun.

Loading...

Resiko komplikasi pada penderita hiperkolesterolemia familia bisa diturunkan dengan mengatur pola makan yang rendah kolesterol serta dalam pengawasan dokter. Untuk kasus kasus tertentu, penderita hiperkolesterolemia familia membutuhkan obat obatan penurun kolesterol.

Hiperkolesterolemia familia umumnya sudah terdeteksi sejak masa kanak kanak. Skrining seluruh keluarga biasanya dilakukan bila salah satu anggota keluarga kedapatan menderita hiperkolesterolemia familia.

Baca juga: 5 Langkah Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

Hiperkolesterolemia familia terjadi karena adanya defek pada reseptor LDL pada sel.

Tulis Komentar

loading...