Tips Memilih Mesin Cuci Hemat Energi

mesin cuci terbaik

Pada zaman modern ini, banyak orang sudah menggunakan alat elektronik seperti mesin cuci untuk mencuci baju kotor mereka. Sudah jarang ditemui mencuci manual menggunakan tangan apalagi di kota-kota besar yang penduduknya sibuk untuk bekerja dan tidak mempunyai waktu yang lama untuk mencuci baju. Alternatif lain bisa menggunakan jasa laundry yang sudah banyak dibuka di tepi jalan. Namun sering terjadi baju yang akan digunakan pada hari ini masih belum siap diambil di tempat laundry, dan orang-orang memutuskan untuk mencuci sendiri dengan mesin cuci daripada boros karena biaya laundry. Karena keterbatasan waktu untuk bekerja dan mencuci maka banyak orang memilih menggunakan mesin cuci otomatis. Selain otomatis, dalam pemilihan mesin cuci harus diperhatikan dan mempertimbangkan untuk hemat energi dan ramah lingkungan. Berikut cara memilih mesin cuci yang dapat menghemat energy serta ramah lingkungan.

Pilih mesin cuci yang hemat energi listrik

Tarif listrik dan air semakin tahun juga akan semakin meningkat. Oleh karena itu perlu pertimbangan untuk memilih mesin cuci yang bagus dan juga hemat listrik tentunya. Biasanya mesin cuci 2 tabung memiliki daya 90-240 Watt untuk proses mencuci dan 40-140 Watt untuk proses pengeringan. Daya listrik yang semakin rendah maka listrik yang dipakai juga semakin irit. Untuk mesin cuci 1 tabung proses pencucian dan pengeringan akan semakin efektif karena dilakukan dengan tabung yang sama dan menggunakan daya yang sama pula. Serta mempunyai kelebihan desain dan ukuran yang lebih kecil dan tidak memakan ruang yang cukup banyak, lebih praktis, serta ada mesin cuci yang dapat mengisi air secara otomatis.

Pajak Games

Pilih mesin cuci yang awet

Meskipun tidak ada merek mesin cuci yang menjamin bisa bertahan lama sekitar 10 tahun atau bahkan lebih, namun Anda bisa menjaga dan merawat mesin cuci dengan baik agar tetap awet. Sebelumnya pastikan bahwa mesin cuci tersebut dalam keadaan yang baik dan berkualitas ketika akan membelinya. Perlu berhati-hati pula untuk membeli mesin cuci impor karena belum tentu menggunakan bahan yang baik dan memiliki pusat servis di Indonesia. Mesin cuci yang awet dapat menghemat biaya karena dapat digunakan lebih lama tanpa harus sering mengganti atau menservis padahal masih digunakan selama beberapa tahun.

Loading...

Mesin cuci dengan fitur mesin yang baik

Ketika sudah menentukan jenis merek dan model untuk mesin cuci ada baiknya untuk memeriksa fitur yang digunakan. Seperti pada tabung mesin cuci yang terbuat dari plastik, enamel, atau stainless steel. Stainless steel tentu merupakan pilihan terbaik karena paling awet dan tahan lama. Selain itu terdapat pilihan program yang ditawarkan namun pilih sesuai dengan kebutuhan saja, tidak perlu memiliki banyak program namun pada akhirnya tidak digunakan. Serta memilih mesin cuci yang memiliki fitur pengingat error apabila terdapat kerusakan pada mesin cuci. Agar dapat mengatasi kerusakan yang terjadi dengan segera.

Pilih mesin cuci yang bagus sesuai kebutuhan

Sangat penting untuk memilih mesin cuci sesuai kebutuhan saja. Karena dapat meminimalkan kebutuhan energy yang dipakai. Tidak perlu memilih mesin cuci yang berkapasitas banyak apabila dipakai hanya untuk mencuci pakaian 4-6 orang untuk setiap harinya. Selain menghemat air juga menghemat kebutuhan listrik.

Pilih mesin cuci yang dilengkapi dengan pengingat otomatis

Semua mesin cuci juga sudah memiliki fitur timer waktu yang dapat disetel untuk setiap berapa lama yang dibutuhkan untuk mencuci pakaian. Semakin singkat waktu untuk mencuci maka semakin sedikit pula biaya yang dihemat dan dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Adapula mesin cuci yang dilengkapi dengan pengingat otomatis sehingga dapat mengatur kapan saja waktu untuk memulai proses pencucian maupun ketika sudah selesai. Anda bisa dapat mengatur sendiri dengan mudah dan otomatis. Ini sangat efektif karena waktu mencuci sudah terjadwal dengan pengingat otomatis.

Untuk menghemat energi listrik dan air dalam urusan mencuci tidaklah sulit karena sudah terbantu dengan banyaknya teknologi yang semakin hari semakin canggih. Hanya perlu perhatian dan pertimbangan untuk memilih mesin cuci yang bagus dan hemat energi tentunya. Dengan begitu dapat menjadi lebih praktis dan membantu kegiatan rumah tangga lainnnya menjadi sangat mudah.

Tulis Komentar

loading...