Tips Kemudahan Usaha Online

Legistra

Memiliki merek dagang sendiri untuk usaha yang dijalankan memang menjadi salah satu tujuan dari berdirinya sebuah usaha. Tanpa memiliki merek dagang sendiri tentu saja akan sulit untuk membuat konsumen menyukai dan memilih produk yang dijual. Namun seiring perkembangan jaman memang untuk mendaftarkan merek dagang kini  sudah bisa dilakukan secara online. Proses pendaftaran merek online memang jauh lebih praktis dan juga lebih mudah. Kecanggihan teknologi yang dimiliki tentu saja harus dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan usaha. Setidaknya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mempermudah para pengusaha mendapatkan merek dagangnya sendiri tentu saja akan jauh lebih mudah dan lebih terkontrol.

Ada beberapa langkah yang harus ditempuh untuk anda yang ingin mendaftarkan merek dagang milik anda sendiri secara resmi. Berikut langkah-langkahnya:

Pajak Games

  • Sebelum menentukan merek dagang apa yang akan anda pakai akan lebih baik jika anda menyempatkan diri  untuk mencarai tahu apakah merek yang akan anda gunakan sudah ada yang memakainya terlebih dahulu. Pengusaha bisa mencoba mencarinya melalui dunia maya. Pencarian merek dagang ini memastikan bahwa tidak akan ada merek dagang serupa dengan yang anda pilih. Tujuannya jelas untuk membuat merek dagang yang anda pilih tidak ada masalah dikemudian hari. Jangan sampai merek yang anda pilih ternyata memiliki kesalahan termasuk memiliki kesamaan dengan produk lainnya.
  • Mempersiapkan pengajuan permohonan merk. Seperti  contoh merk dan contoh produk yang akan diberi merek. Selain itu mempersiapkan dokumen NPWP dan juga dokumen identitas lainnya. Dokumen-dokumen tersbut wajib dipersiapkan dengan baik sebelum mengurus merek. Jika dokumen yang diajukan kurang lengkap maka proses untuk pengajuan merek dagang menjadi lebih sulit dari yang diperkirakan. Kelengkapan dokumennya harus dipastikan benar-benar lengkap sebelum melakukan pengajuan untuk merek dagang. Jika diwakilkan maka berikan tambahan berupa surat kuasa untuk pengurusan. Namun akan lebih mudah lagi menggunakan fasilitas online di internet untuk mengurus dokumen tersebut. Setidaknya untuk pengurusan secara online jelas akan mempermudah pengusaha untuk mendapatkan merek dagangnya sendiri.
  • Melakukan pengisian formulir pendaftaran merek dagang melalui situs yang disediakan. Cukup akses situs HKI kemudian akses menu untuk pengajuan pendaftaran merek perusahaan. Setelah itu isilah dokumen formulir pendafaran merek secara online. Kemudian kirimkan dokumen yang diperlukan sebagai lampiran ketika melakukan pengajuan pendaftaran merek dagang. Ketika dokumen yang diperlukan sudah cukup lengkap, maka anda bisa segera  mendaftarkan merk ke HKI. Kemudian untuk dokumen lainnya bisa diisikan dengan yang lainnya. Setelah anda melakukan pendaftaran secara online dan kemudian mendapatkan etiket untuk pendaftaran merk. Setelah berhasil mendaftarkan merek dagang yang dimiliki selanjutnya adalah melakukan pembayaran untuk sekuruh biaya-biaya yang ditimbulkan saat baru saja memasuki halaman pendaftaran merek dagang.
  • Setelah proses tersebut dilakukan, maka selanjutnya adalah merek harus dilakukan ferivikasi baik secar fisik maupun virtual. Pemeriksaan baik itu pemeriksaan dokumen maupun pemeriksaan secara substansal meman diperlukan untuk memastikan bahwa merek yang diajukan merupakan merek yang original. Proses pengeceken ini untuk memastikan bahwa tidak ada orang dengan kriteria kesamaan merek yang sama satu dengn lainnya. Proses pengecekan inilah yang menjadi salah satu dasar bagi para pihak HKI untuk mempercayakan merk tersebut kepada pemiliknya. Setidaknya pihak HKI memastikan tidak memiliki merk yang sama persis dengan merek dagang anda yang masih sangat baru.

Proses pendaftaran merek  baik itu secara online maupun secara offline memang tidaklah rumit. Akan tetapi sering sekali para pengusaha abai dalam melayani pembeli yang satu itu. Tanpa adanya merek maka produsen bisa sekaligus melakukan proses produksi. Pengecekan dilakukan selama beberapa hari untuk kemudian memastikan bahwa merek yang dibawa sesuai dengan pesanan. Oleh karenanya, sebuah merek yang  sudah terdaftar harus memiliki keunikan supaya ketika menjualnya  tidak perlu biaya tambahan karena merek tersebut sudah digunakan oleh banyak konsumen. Kemudahan dalam mendaftarkan merk secara online memang tidak segera diselesaikan maka merek dagang yang anda inginkan untuk anda miliki tidak akan mungkin bisa dimiliki.

Loading...
Tulis Komentar

loading...