Jika Sedang Sakit, Asuransi Kesehatan Atau Biaya Sendiri?

asuransi lifepal

Datangnya penyakit tentu tidak bisa diprediksi dengan tepat. Terlebih di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu, datangnya penyakit bisa secara tiba-tiba. Tetapi jika sudah terkena penyakit tentu rasanya tidak enak dan merepotkan. Akan ada banyak pekerjaan yang tidak terurus, sebagai orang tua kita juga tidak bisa mengawasi anak, dan tentu saja tidak sedikit biaya yang harus kita keluarkan.

Penting untuk kita ketahui bahwa kesehatan sangat mahal harganya. Berapa uang yang kita simpan atau investasikan, tentu tidak akan pernah cukup untuk kesembuhan jika menderita penyakit serius. Dalam kondisi yang paling parah sekali pun, uang yang dikeluarkan untuk pengobatan bisa mencapai ratusan juta. Oleh karena itu, perlindungan finansial perlu kita lakukan sedar awal.

Pajak Games

Pentingnya memiliki asuransi

Sebagian besar orang masih menggunakan dana sendiri ketika menjalani pengobatan. Padahal menggunakan asuransi menawarkan manfaat yang lebih baik. Misalnya, kita sudah merencanakan keuangan untuk masa depan. Namun kita membutuhkan biaya besar untuk pengobatan, otomatis akan merusak rencana yang sudah kita susun. Oleh karena itu, asuransi kesehatan menjadi pilihan yang lebih baik daripada menggunakan biaya sendiri. Berikut ini adalah manfaat lain dari asuransi yang bisa kita gunakan:

Loading...

1. Diri menjadi lebih tenang

Bagi kita yang aktif setiap hari, tentu risiko kesehatan bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Bahkan ada beberapa kejadian tak terduga yang membuat kondisi kesehatan kita menurun drastis dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Walau sudah mempersiapkan dana darurat, mengeluarkan sejumlah uang besar dalam waktu singkat akan membebani keuangan kita ke depannya. Untuk meminimalisir biaya besar yang akan keluar, kita bisa menggunakan asuransi kesehatan.

Dengan adanya kepemilikan asuransi kesehatan, kita tentu bisa menjalani hidup dengan aman dan nyaman. Kita bisa tetap aktif mengikuti aktivitas apa saja tanpa takut terserang penyakit. Pihak asuransi tentu akan memberi perlindungan pada kita dengan berbagai manfaat yang mereka berikan. Beberapa perusahaan asuransi bahkan sering memberi follow up untuk memberi tahu mengenai langkah pencegahan yang kita butuhkan.

2. Asuransi kesehatan bisa dianggap sebagai sebuah tabungan

Dalam sebuah perjanjian asuransi, biasanya tertulis dana yang kita bayarkan lewat premi akan dikembalikan. Dengan catatan kita tidak pernah melakukan klaim karena risiko kesehatan yang menyerang kita. Biasanya jika kita terserang penyakit maka akan membutuhkan berbagai macam biaya seperti rawat inap, dokter, dan administrasi.

Namun jika selama perjanjian asuransi kita tidak pernah menggunakan manfaat asuransi, sebagai pemegang polis kita berhak mendapatkan kembali uang tersebut. Menarik bukan? Karena asuransi selai sebagai pelindung, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menabung,

3. Mendapatkan layanan kesehatan yang tepat

Ada beberapa kejadian dimana seseorang tidak mendapat kesehatan yang layak karena kekurangan dana atau berasal dari kalangan kelas menengah ke bawah. Hal ini membuat pihak rumah sakit acuh tak acuh terhadap pasien seperti itu. Kejadian lainnya seperti pasien yang hanya mendapatkan perawatan seadanya saja, sehingga pasien tidak kunjung sembuh. Sebagai seorang yang peduli terhadap kesehatan, kejadian seperti ini tentu harus kita hindari.

Kejadian-kejadian tersebut bisa terjadi karena mereka tidak mendapatkan manfaat dari kepemilikan asuransi. Fasilitas kesehatan yang akan diberikan oleh perusahaan sudah sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan. Dengan begitu sebagai peserta asuransi, kita akan lebih cepat sembuh dengan perawatan yang layak, mendapatkan pengobatan yang sesuai anjuran dokter, dan berbagai fasilitas kesehatan lainnya.

4. Membantu kita untuk mengatur keuangan

Sebagai peserta asuransi kesehatan, kita diwajibkan untuk membayar premi setiap periode waktu tertentu. Premi tersebut nantinya bisa kita gunakan jika suatu saat kita butuhkan. Misalnya untuk rawat inap, fasilitas kesehatan, dan banyak lagi lainnya. Selain itu manfaat membayarkan premi setiap bulan ternyata bisa membantu kita dalam mengatur keuangan. Di masa mendatang jika benar-benar terkena musibah, kita tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak, sehingga rencana keuangan kita tidak berubah walau membutuhkan uang dalam jumlah besar. Asuransi sudah melindungi kondisi finansial kita agar tetap sehat dan stabil.

Tulis Komentar

loading...