Teleskop Terbesar Di Dunia Hampir Selesai

teleskop GMT

Setelah dikerjakan selama bertahun tahun, teleskop terbesar di dunia akhirnya memasuki fase akhir pembuatan. Teleskop yang diberi nama the Giant Magellan Telescope (GMT) saat ini sedang dipasangi lensa utama kedua dari tujuh lensa utama yang direncanakan. Proyek pengerjaan GMT sendiri telah dimulai sejak tahun awal 2012.

GMT merupakan proyek internasional dalam upaya membuat teleskop yang memiliki kemampuan menghasilkan gambar 10 kali lebih jelas bila dibandingkan dengan Teleskop Hubble yang saat ini sedang beroperasi. Saat difungsikan, GMT diharapkan mampu memberikan jawaban atas pertanyaan besar para ahli antariksa, apakah kita hidup sendiri di alam semesta? Para ahli astronomi nantinya dapat mengumpulkan lebih banyak cahaya bila dibandingkan dengan teleskop yang mereka gunakan saat ini.

Pajak Games

Upaya pembuatan GMT bukan tanpa hambatan. Pada tahun 2015 proyek ini sempat dihentikan karena kompleksnya pembuatan lensa. Saat itu, tim pembuat GMT pesimis teleskop ini akan bisa diselesaikan pada tahun 2027. Pengaturan lensa memang pekerjaan yang paling rumit dalam proyek GMT. Presisi setiap lensa yang sepersejuta inchi membuat pengerjaan GMT membutuhkan ketelitian yang luar biasa. Kesalahan sedikit saja membuat pantulan cahaya menjadi tidak sempurna.

Loading...

Untuk mempercepat proses pengerjaan GMT, para ahli dari Universitas Arizona, Amerika Serikat berusaha memperbaiki proses pembuatan lensa. Dengan teknik terbaru ini diharapkan GMT bisa diselesaikan dalam waktu yang tidak lama lagi.

Tulis Komentar

loading...