Yuk, Kenali Faktor Penyebab Gangguan Menstruasi

gangguan haid

Banyak faktor yang mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita.  Salah satunya, Anda  harus menjaga pola makan agar menstruasi Anda lancar. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar mencegah timbulnya rasa nyeri pada perut dan lain-lain.  

Faktor Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

1. Penurunan berat badan drastis

Banyak para wanita yang sering diet agar langsing. Namun, diet yang berlerbihan dapat mempengaruhi siklus menstruasi wanita. Hal ini dikarenakan adanya pola makan yang tidak normal. Penurunan berat badan menyebabkan tubuh kekurangan lemak yang dipakai untuk membuat hormon menstruasi.

Pajak Games

2. Obesitas

Obesitas menyebabkan penyakit hormonal seperti polikistik. Selain itu, obesitas juga menyebabkan penyakit anoreksia nervosa dan bulimia nervosa. Efeknya, menstruasi Anda tidak teratur.

Loading...

3. Stres

Stres dalam jangka waktu lama dapat memicu perdarahan dan produksi hormon stres meningkat. Hal ini menyebabkan keluarnya hormon menstruasi tidak menentu. Stres juga memicu gangguan pada hypothalamus. Fungsi hypotalamus adalah sebagai tempat hormon yang berperan dalam menstruasi.  

4. Wanita berada pada periode perimenopause, yaitu periode berhentinya mentruasi pada wanita.

5. Aktivitas yang tidak seimbang

Aktivitas yang berlebihan memicu kelelahan. Hal ini berpengaruh terhadap kurangnya waktu istirahat. Akibatnya, menstruasi Anda tidak lancar.

6. Hormon yang tidak seimbang

Kandungan hormon di dalam tubuh berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Penyebab hormon tidak seimbang antara lain kelelahan, stres, kurangnya waktu istirahat dan lain-lain.

7. Terkena penyakit seperti kelainan rahim, diabetes dan kista.

8. Kegagalan ovarium prematur

Tanda seseorang mengalami kegagalan ovarium adalah sebelum usia 40 tahun, menstruasinya mulai berhenti.

Makanan dan Minuman yang Dilarang Saat Menstruasi

1. Minuman mengandung kafein seperti kopi, teh dan minuman berenergi tinggi

2. Makanan yang menganduk banyak minyak seperti gorengan

3. Banyak mengkonsumsi makan manis

Banyak mengkonsumsi makanan manis memicu meningkatnya kalori di dalam tubuh. Kondisi seperti ini mengganggu selama proses menstruasi.

4. Junk food

Salah satu larangan makanan saat haid atau menstruasi adalah junk food. Hal ini dikarenakan makanan tersebut mengandung lemak dan kolesterol tinggi yang dapat mengganggu Anda selama haid. Anda justru dianjurkan banyak mengkonsumsi serat, protein dan zat besi.

Tulis Komentar

loading...