Berbagai Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Jual Macbook Pro Bekas

Macbook merupakan laptop buatan Apple yang terkenal dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Selain dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, Macbook juga dilengkapi sistem keamanan canggih, sehingga tidak mudah terkena virus. Salah satu jenis Macbook yang paling diminati adalah Macbook Pro. Selain Macbook Pro, Apple juga mengeluarkan laptop jenis lainnya Macbook dan Macbook Air. Macbook terkenal memiliki harga jual yang tinggi. Namun, jika Anda ingin menjual Macbook Pro bekas, harganya akan turun. Saat ingin jual Macbook Pro bekas, sebaiknya perhatikan kondisinya, supaya tidak merugikan calon pembeli. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin menjual Macbook Pro bekas.

Harga

Hal yang perlu diperhatikan saat ingin menjual Macbook bekas adalah dengan mengetahui harganya di pasaran. Jika telah mengetahui harga jual Macbook Pro bekas di pasaran, tentunya Anda akan menjual dengan harga yang wajar, sehingga calon konsumen tidak meragukan keasliannya. Untuk menemukan harga di pasaran, Anda dapat menanyakan di berbagai forum jual beli.

Pajak Games

Cek Kondisi Baterai dan Charger

Meskipun baterai Macbook Pro awet, tetapi Anda tetap perlu mengecek kondisinya sebelum menjualnya. Laptop yang telah dipakai dalam jangka waktu lama biasanya baterainya sudah rusak. Untuk mengetahui kondisi baterai, Anda dapat mengeceknya melalui menu Apple, About this Mac, System Report, Power, Cycle Count.

Loading...

Selain itu, pengecekan kualitas baterai juga dapat dilihat menggunakan aplikasi CoconutBaterry. Anda cukup menjalankan aplikasi tersebut dan melihat informasi capacity. Jika presentasinya 70%, maka baterai masih dapat bertaha 2-3 jam. Untuk mengecek kondisi charger, cukup hubungkan charger dengan laptop, jika lampu indikator menyala, berarti charger masih berfungsi dengan baik.

Kondisi fisik yang bagus

Saat ingin menjual Macbook bekas, pastikan mengecek kondisi fisik laptop dengan baik. Pastikan tidak ada retak dan goresan pada body laptop. Selain itu, jika baut laptop yang tidak utuh dan spare part sudah pernah diganti, sebaiknya dikatakan pada calon pelanggan untuk menghindari penipuan.

Pastikan kondisi keyboad, layar, dan trackpad

Sebelum menjual Macbook bekas, Anda perlu mengecek beberapa spare partnya, terutama keyboard, layar, dan trackpad. Untuk mengecek keyboard, Anda perlu memeriksa dan mencoba semua tombol keyboard. Sedangkan untuk mengecek layar, nyalakan laptop kemudian periksa warna layar masih putih bersih pada semua bagian. Selain itu, trackpad juga perlu dicek. Caranya dengan mengcopy file dengan trackpad atau dengan menggerakkan kursor ke semua arah.

Periksa hard disk dan prosesor

Pastikan label Apple masih menempel pada hard disk, untuk menandakan bahwa hard disk asli dan belum pernah diganti. Selanjutnya, untuk mengecek kondisinya, Anda bisa mentransfer file dalam kapasitas yang besar. Jika membutuhkan waktu yang lama, berarti hard disk bermasalah. Sadangkan untuk memeriksa prosessor, bisa menggunakan magnification dock. Jika laptop lagging, berarti kualitas prosesor sudah tidak baik.

Port

Sebelum ingin menjual Macbook bekas, sebaiknya periksa kondisi semua port, seperti port USB, Ethernert, Firewire, Audio, HDMI, dan port lainnya. Cara yang paling mudah untuk mengecek port USB, adalah dengan manancapkan hard disk eksternal ke laptop, sedangkan untuk mengecek port audio, Anda dapat menancapkan headset ke laptop.

Aksesoris

Meskipun harga jual Macbook Pro bekas lebih murah, tetapi Anda tetap harus memastikan kelengkapan aksesorisnya, seperti CD/DVD Installer Mac sebelum menjualnya. Hal ini tentunya akan memudahkan calon pembeli jika terjadi kerusakan pada laptop.

Kardus

Jika Anda ingin jual Macbook Pro 2019, sebaiknya simpanlah kardus dengan baik. Hal ini juga berlaku jika ingin membeli Macbook Pro bekas, pastikan memastikan kardusnya disertakan. Menjual Macbook tanpa kardus atau batangan akan memberi kesan bahwa laptop tersebut hasil curian.

Namun, jika ingin mencari berbagai jenis laptop Macbook, segara kunjungi Bhinneka. Bhinneka.com merupakan toko online terpercaya yang menjual berbagai produk Apple secara resmi. Bhineka telah menjadi Apple Authorized Reseller (ARR), sehingga semua produk Apple yang dijual pasti asli. Bhinneka juga memberikan kenyamanan saat berbelanja, salah satunya dengan layanan after sales yang baik. Bhinneka terkenal sebagai toko jual Macbook Pro original di Indonesia. Harga menarik diberikan disertai dengan penawaran promo dan diskon.

Tulis Komentar

loading...