Kanker Pita Suara (Laring)

Kanker pita suara atau dalam bahasa medis disebut dengan kanker laring adalah kanker yang mengenai organ laring. Pita suara atau laring sendiri letaknya di ujung bagian atas tenggorokan (trakea). Kanker laring juga kerap disebut dengan istilah laryngeal cancer atau laryngeal carcinoma.

Baca juga: Ini Perbedaan Kanker Ginjal Pada Orang Dewasa Dan Anak Anak

Pajak Games

Kanker laring kerap dialami oleh mereka yang berusia diatas 55 tahun. Meskipun penyebab pasti kanker ini masih belum jelas, tetapi beberapa ahli menghubungkan kanker laring dengan kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Pengobatan kanker laring dapat dipastikan akan mengalami kegagalan bila pasien tetap melanjutkan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkoholnya. Kemungkinan tumbuh kanker baru juga makin besar bila pasien tetap bandel melanjutkan kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Loading...

Karena merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol adalah faktor risiko utama terjadinya kanker laring maka penghentian dua kebiasaan buruk tersebut dapat secara signifikan menurunkan risiko kanker laring.

Secara anatomi, organ laring dibagi menjadi tiga bagian. Paling atas disebut dengan supraglottis, di bagian tengah (tempat pita suara) disebut dengan glottis dan bagian paling bawah disebut dengan istilah subglottis.

Supraglottis adalah bagian dari laring yang kaya dengan kelenjar limfe, itu sebabnya kanker laring paling sering terjadi pada bagian ini dan paling cepat mengalami metastase. Umumnya saat diagnosa ditegakan, kanker supraglottis telah menyebar ke kelenjar limfe.

Berbeda dengan bagian supraglottis, kanker pada bagian glottis dan subglottis relatif lebih jarang. Bila pun kanker tumbuh di sana maka penyebarannya pun relatif lebih terlokalisir.

Baca juga: Mengenal Kanker Langka: Angiosarkoma

Gejala utama kanker laring adalah suara serak tanpa rasa sakit. Diagnosa kanker ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan langsung pada organ laring menggunakan alat yang disebut laringoskop.

Pengobatan kanker laring biasanya menggunakan pengobatan radiasi dan operasi pengangkatan. Pengobatan kemoterapi dipilih bila kanker telah menyebar ke organ tubuh yang lain.

Tulis Komentar

loading...