5 Fakta di Balik Mitos Diet Untuk Penderita Diabetes

Banyak mitos yang beredar terkait diet untuk penderita diabetes. Jangan salah kaprah, cari tahu faktanya!

Pernahkah Anda mendengar bahwa diabetes hanya dapat terjadi jika Anda terlalu banyak makan gula? Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Tidak dimungkiri, banyak persepsi menyimpan yang beredar mengenai diet untuk penderita diabetes.

Pajak Games

Nah, supaya Anda tidak salah kaprah dan tersesat ke dalamnya, berikut adalah berbagai mitos tersebut beserta fakta di baliknya:

Loading...

Makan terlalu banyak gula sebabkan diabetes

Ini hanyalah mitos belaka. Kepada KlikDokter, dr. Muhammad Anwar Irzan mengingatkan bahwa terlalu banyak makan gula tidak otomatis menyebabkan diabetes.

“Diabetes terjadi ketika kemampuan tubuh untuk mengubah gula dan makanan yang Anda konsumsi menjadi energi mengalami gangguan,” tutur dr. Anwar.

Karbohidrat musuh bagi penderita diabetes

Fakta menyebutkan, karbohidrat baik untuk diabetes. Bahkan, zat gizi ini menjadi fondasi untuk diet sehat pada penderita diabetes.

“Karbohidrat memang memiliki efek yang besar pada gula darah. Karenanya, penderita diabetes harus tahu batasan aman konsumsi karbohidrat agar gula darahnya tetap stabil,” kata dr. Anwar

Selama ada obat, penderita diabetes bebas makan apa saja

Pada penderita diabetes yang menggunakan suntik insulin, Anda tetap harus mematuhi aturan 3J (Jam, Jenis, Jumlah) terkait pola makan.

“Meski ada obat, bukan berarti penderita diabetes dapat makan sebanyak yang diinginkan dan kemudian menggunakan dosis obat tambahan untuk menstabilkan gula darah,” dr. Anwar menegaskan.

Penderita diabetes dilarang konsumsi makanan pencuci mulut

Nyatanya, penderita diabetes tetap boleh menyantap makanan pencuci mulut alias dessert. Namun, penderita diabetes wajib memerhatikan porsi agar tidak berlebihan.

“Pertimbangkan untuk mengonsumsi makanan pencuci mulut yang menggunakan pemanis rendah kalori. Buah, kismis, atau yoghurt adalah pilihan yang baik,” jelas dr. Anwar.

Pemanis buatan bahaya untuk penderita diabetes

American Diabetes Association mengamini penggunaan aspartame, sakarin, acesulfame potassium, sucralose, dan sevia sebagai pemanis buatan yang aman untuk penderita diabetes.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli diet tentang pemanis buatan yang baik untuk Anda (penderita diabetes) konsumsi,” pungkas dr. Anwar.

Itu dia beragam fakta di balik mitos seputar diet penderita diabetes. Setelah tahu kebenarannya, diharapkan Anda tak lagi terjerat dengan berita atau informasi yang tidak jelas sumbernya.

Tulis Komentar

loading...