5 Kondisi Mematikan Akibat Malas Merawat Mulut

Ketika berbicara tentang kebiasaan menggosok gigi maka yang terpikirkan adalah terjaganya kebersihan mulut untuk mencegah gigi berlubang dan bau bulut yang tidak sedap. Tahu gak? Menjaga kesehatan mulut juga penting untuk mencegah berbagai penyakit mematikan yang sekilas tampak tidak berhubungan sama sekali dengan mulut.

Baca Juga: Kesehatan Mulut Berhubungan Dengan Hipertensi, Baik Atau Buruk?

Pajak Games

Kesehatan mulut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Kadang, apa yang terjadi pada gigi dan gusi merupakan gambaran dari kondisi tubuh secara keseluruhan.

Loading...

Melalui tulisan ini, saya mencoba memberikan 5 contoh kondisi mematikan yang bisa disebabkan oleh buruknya kesehatan mulut.

Penyakit Alzheimer

Bila saat ini kamu telah rutin berolahraga dan rajin membaca untuk menurunkan risiko penyakit kepikunan parah (Alzheimer), maka kamu harus juga menambahkan kebiasaan menjaga kesehatan mulut dengan baik.

Menurut sebuah penelitian, terdapat hubungan yang erat antara penyakit Alzheimer dengan penyakit gusi. Bakteri Porphyromonas gingivalis yang terdapat pada penderita penyakit gusi juga ditemukan pada otak pada pasien penyakit Alzheimer.

Kabar buruknya, mereka yang kerap menderita penyakit gusi dalam sepuluh tahun terakhir cenderung mengalami peningkatan risiko menderita penyakit Alzheimer sampai dua kali lipat.

Diabetes

Bila kita berbicara tentang diabetes maka yang terpikirkan adalah komplikasi yang bisa disebabkan oleh penyakit ini. Beberapa komplikasi yang paling ditakutkan dari diabetes adalah saat penyakit ini menganggu ginjal, saraf, mata dan mulut.

Ketika diabetes tidak terkontrol dengan baik maka kadar gula darah yang tinggi pada air liur merupakan makanan yang enak bagi bakteri berbahaya pada mulut. Bakteri bakteri ini akan mencetuskan pembentukan plak pada gigi sehingga berujung pada bau mulut yang tidak sedap, gigi berlubang dan penyakit gusi.

Penyakit jantung

Salah satu penyakit mematikan yang makin banyak penderitanya adalah penyakit jantung. Beberapa penelitian membuktikan hubungan antara buruknya kesehatan mulut dengan peningkatan risiko penyakit kardio vaskuler.

Setelah melakukan analisa data terhadap hampir satu juta orang dengan memperhitungkan faktor kebiasaan merokok dan usia maka para peneliti memperoleh kesimpulan, terdapat hubungan yang erat antara tanggalnya gigi dengan penyakit jantung koroner.

Meskipun hubungan antara kesehatan mulut dengan peningkatan risiko penyakit jantung masih misteri, tetapi beberapa teori telah berhasil dimunculkan. Salah satunya adalah, bakteri berbahaya yang terdapat pada mulut masuk ke aliran darah lalu menyebabkan terjadinya proses inflamasi dan pembentukan bekuan darah.

Kanker

Bila selama ini yang kamu pikirkan adalah buruknya kesehatan mulut dapat menyebabkan peningkatan risiko kanker mulut maka pikiranmu itu harus diperluas lagi. Mengapa? Karena kesehatan mulut yang buruk juga bisa meningkatkan risiko menderita penyakit kanker yang lain.

Menurut sebuah penelitian, penyakit yang mengenai jaringan pada mulut memainkan peranan dalam dimulainya pertumbuhan dari kanker pankreas.

Selain itu, lebih dari sepertiga penderita kanker juga mengalami masalah pada mulut seperti, sariawan yang berkepanjangan, mulut kering, infeksi, nyeri pada rahang dan gusi yang sensitif.

Artinya, dengan menjaga kesehatan mulut maka kita telah berupaya untuk menurunkan risiko kanker dan mengendalikan beberapa gejala kanker terutama yang memiliki gejala tambahan pada mulut.

Ketidaksuburan

Buruknya kesehatan mulut dapat berimbas pada kesuburan, baik pada pria maupun wanita. Menurut sebuah penelitian yang mencari hubungan antara penyakit gusi dengan kehamilan membuktikan, wanita yang menderita penyakit gusi memerlukan waktu dua bulan lebih lama untuk positif hamil bila dibandingkan dengan wanita yang gusinya sehat.

Penelitian juga membuktikan, pria yang giginya berlubang dan menderita penyakit gusi memiliki kualitas kesehatan sperma yang buruk. Artinya, kualitas dan kuantitas sel sperma yang terdapat pada semen menurun drastis pada pria yang kesehatan mulutnya buruk sehingga sulit untuk menghamili.

Akhir kata, tujuan dari tulisan ini bukan untuk menakut nakuti, tetapi untuk menunjukan ke pembaca BlogDokter tentang pentingnya menjaga kesehatan mulut. Setelah membaca tulisan ini kita jadi tahu bahwa penyakit berbahaya yang mematikan juga bisa berasal dari hal hal sepele seperti malas merawat mulut.

Baca juga: Kesehatan Mulut Yang Buruk Dapat Meningkatkan Risiko Diabetes

Jangan lupa untuk rutin berkunjung ke dokter gigi guna deteksi dini masalah masalah kesehatan yang terjadi pada mulut. Oke?

Tulis Komentar

loading...