Cara Cepat Mengeringkan Luka Bekas Cesar

Proses melahirkan dengan caesar mungkin dirasa lebih cepat dan tak begitu menyakitkan dibandingkan dengan proses saat melahirkan dengan cara yang normal. Namun dalam proses penyembuhan dan cara agar luka cepat kering akibat operasi caesar sebenarnya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan proses melahirkan normal.

1. Menjaga asupan nutrisi yang seimbang

Pastikan selalu ada makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, protein dan makanan berkalori tinggi dalam menu Anda. Jangan percaya mitos jaman dahulu bahwa telur, ayam, seafood membuat pada luka operasi menjadi gatal dan tidak cepat kering. Kandungan asam amino dari protein sangat membantu penyembuhan pada luka.

Pajak Games

2. Jaga pada luka operasi caesar dalam keadaan kering, bersih dan steril

Dulu kita perlu mengganti perban pada luka sehari dua kali. Tetapi saat ini hal tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi. Saat pulang dari rumah sakit, pada luka operasi caesar akan di tutup dengan plester anti air. Anda bebas beraktivitas seperti biasa sampai dengan 7 hari kedepan untuk melakukan kontrol ke dokter kandungan. Tetapi selama 7 hari tersebut Anda juga harus tetap memastikan bahwa plester tersebut menutup pada luka operasi dengan sempurna. Saat plester telah dibuka, jaga kebersihan pada luka dengan cairan antiseptik atau salep yang diresepkan dokter.

Loading...

3. Tetap beraktivitas/olahraga ringan

Pada luka operasi caesar pada awalnya memang agak sakit. Tetapi berbaring saja di tempat tidur tidak akan membuat pada luka lebih cepat membaik. Semakin cepat Anda mengawali beraktivitas kembali, semakin berkurang rasa nyeri yang dirasakan. Setelah infus dilepas, mulailah belajar duduk, berdiri dan berjalan. Gerakan tubuh akan membuat sirkulasi darah lebih lancar dan mempercepat proses penyembuhan. Bagian di sekitar bekas operasi pun jadi tidak terasa kaku. Pada dasarnya banyak minum air setelah caesar sangat baik, Anda disarankan untuk minum air yang banyak, minimal 8 gelas sehari. Luka lama sembuh karena menutup oleh banyak kandungan air putih yang cukup.

Tulis Komentar

loading...