Ini Perbedaan Kanker Ginjal Pada Orang Dewasa Dan Anak Anak

Kanker ginjal adalah keganasan yang mengenai organ ginjal. Sebagaimana diketahui, ginjal adalah organ utama yang bertanggungjawab dalam hal pembuangan sampah metabolik dari dalam tubuh. Orang awam kerap menyebut ginjal sebagai organ penyaring darah.

Baca juga: Merokok Saat Hamil Berhubungan Dengan Kerusakan Ginjal Anak

Pajak Games

Seperti halnya organ tubuh yang lain, ginjal juga bisa terkena kanker. Kanker sendiri adalah sel organ yang tumbuh secara abnormal dan tidak terkontrol. Berbeda dengan tumor jinak, sel sel kanker bisa mengalami metastase atau pindah dan hidup di organ yang lain.

Loading...

Kanker ginjal bisa dialami oleh segala usia, baik saat masa kanak kanak sampai dengan usia dewasa. Ada beberapa perbedaan antara kanker ginjal yang tumbuh pada orang dewasa dengan kanker ginjal yang terjadi pada anak anak. Apa perbedaanya? Kita bahas di bawah ini.

Kanker ginjal pada orang dewasa

Kanker ginjal pada orang dewasa cenderung terjadi saat seseorang melewati usia 50 tahun. Kanker ginjal lebih banyak menyerang mereka yang berjenis kelamin pria. Para ahli bahkan menyebut, pria dua kali lebih mudah terserang kanker ginjal bila dibandingkan dengan wanita.

Kanker ginjal yang kerap dialami oleh orang dewasa adalah kanker pada jaringan ginjal (renal) yang bertugas menyaring darah dan memproduksi urine. Kanker pada renal ini disebut dengan istilah karsinoma sel renal atau renal cell carcinoma.

Jenis kanker ginjal lain yang menyerang orang dewasa adalah kanker yang tumbuh pada pelvis renal, tempat dikumpulkannya urine. Kanker pada pelvis renal disebut dengan karsinoma sel transisional atau transitional cell carcinoma.

Gejala khas kanker ginjal pada orang dewasa adalah ditemukannya darah pada urine.

Kanker ginjal pada anak anak

Kanker ginjal yang kerap menyerang anak anak adalah Wilms tumor. Kanker ini mulai terbentuk saat bayi masih di dalam kandungan dan tumbuh membesar sampai rata rata ditemukan pada usia 3 tahun.

Wilms tumor diketahui berhubungan dengan beberapa kelainan kongenital (bawaan) seperti saluran kemih yang tidak normal, tidak terbentuknya iris mata (anirida) dan hemihipertropi (membesarnya tubuh pada satu sisi).

Baca juga: Inilah Gejala Batu Ginjal

Wilms tumor umumnya ditemukan saat anak berusia 3 tahun dengan tanda khas berupa massa (benjolan) pada perut yang disertai dengan keluhan nyeri pada perut. Pada beberapa kasus, darah juga bisa ditemukan pada urine.

Tulis Komentar

loading...