Inilah Cara Terbaru Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang paling dibenci oleh kaum remaja. Jerawat tidak hanya merusak penampilan, tetapi juga sangat susah untuk dibasmi. Kini, ilmuwan telah menemukan pendekatan baru dalam mengatasi makin maraknya jerawat yang tumbuh.

Baca juga: Membuat Masker Alami Untuk Mengatasi Jerawat Di Wajah Anda

Menurut William Esler, peneliti dari Pfizer, kunci utama dari tumbuhnya jerawat adalah sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak. Sebum sendiri sebenarnya penting untuk mengatur suhu tubuh dan membasmi kuman yang menempel pada kulit. Sayangnya, produksi sebum yang berlebihan merupakan kontributor tumbuhnya jerawat.

Loading...

Terlalu banyak sebum yang terperangkap di dalam kelenjar minyak menyebabkan terjadinya pembengkakan di bawah kulit. Jadi, target utama dari upaya mengatasi jerawat adalah menurunkan produksi sebum sehingga tidak ada lagi sebum yang terperangkap di dalam kelenjar minyak.

Penelitian yang melibatkan 22 orang sukarelawan ini mencoba menemukan proses produksi sebum secara molekuler. Menurut peneliti, sebum diproduksi melalui proses molekuler yang disebut de novo lipogenesis (DNL).

Sebagian besar sebum diproduksi oleh sel yang disebut sebosit. Produksi sebum oleh sel sebosit inilah yang dipengaruhi oleh fluktuasi DNL.

Nah, dari 22 orang sukarelawan, 9 orang diantaranya menunjukan sesuatu yang berbeda. Dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit normal, kesembilan orang ini memiliki aktivitas produksi sebum yang 20% lebih tinggi. Para peneliti menyimpulkan, tingginya produksi sebum disebabkan oleh meningkatnya fluktuasi pada DNL.

Langkah selanjutnya adalah peneliti mencoba ‘menganggu’ enzym yang berperanan dalam DNL sehingga produksi sebum dapat dikurangi. Hasilnya, sukarelawan yang mendapatkan ‘gangguan’ ini berhasil menurunkan produksi sebum sampai setengahnya.

Penelitian ini dipublikasikan dalam Science Translational Medicine edisi 15 Mei 2019.

Tentu saja penelitian ini sifatnya masih sangat dini untuk bisa mendapatkan kesimpulan yang kuat. Masih perlu dilihat, bagian mana dari DNL yang penting dalam produksi sebum. Perlu penelitian yang lebih besar untuk bisa menguatkan kesimpulan dan bisa diterapkan pada populasi.

Baca juga: Tips Wajah Bebas Jerawat Dengan Daun Lidah Buaya

Meskipun masih ditemukan adanya kelemahan, penelitian ini minimal memberikan harapan bagi mereka yang direpotkan oleh urusan jerawat bahwa jerawat masih memiliki celah untuk dibasmi.

Tulis Komentar

loading...