5 Hal Yang Menyebabkan Bersepeda Lebih Baik Daripada Berkendara

Akhir akhir ini kita kerap menyaksikan orang lalu lalang naik sepeda di jalanan. Mereka seakan tidak peduli dengan teriknya sinar matahari dan padatnya arus lalu lintas di ruas ruas jalan perkotaan. Pertanyaannya, mengapa mereka lebih memilih naik sepeda dibandingkan dengan naik kendaraan saat menuju ke suatu tempat?

Beberapa pesepeda yang saya temui memberikan jawaban. Mereka memilih naik sepeda karena menyenangkan, sehat dan lebih baik dibandingkan dengan naik kendaraan. Benarkah demikian?

Benarkah naik sepeda lebih sehat daripada naik kendaraan?

Berikut 5 alasan mengapa bersepeda lebih sehat bila dibandingkan dengan naik kendaraan:

Loading...

1. Bersepeda tidak membuang buang waktu saat macet

Berkendara di jalanan perkotaan tidak akan pernah lepas dari kemacetan. Sebagai pengguna kendaraan, baik sebagai pengendara maupun penumpang, rasanya sangat sulit untuk terhindar dari kemacetan. Kondisi demikian tidak akan terjadi pada mereka yang naik sepeda. Pesepeda masih bisa tetap bergerak di tengah kemacetan. Pesepeda bisa memilih jalur jalur alternatif yang sempit dan alami sambil menikmati udara segar dan pemandangan alam selama perjalanan. Hal ini tentu saja tidak akan bisa dinikmati oleh mereka yang naik kendaraan.

2. Jauh lebih ekonomis

Menggunakan sepeda menyebabkan kita terbebas dari biaya bensin, parkir, perawatan kendaraan, toll dan lain lain. Untuk bisa menggunakan sepeda kita memang harus membeli sepeda, tetapi ongkos perawatan yang harus kita keluarkan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan ongkos perawatan kendaraan bermotor.

3. Bertemu lebih banyak orang

Saat berada di dalam kendaraan, kita terkurung dalam cangkang besi kendaraan sehingga sulit mengadakan interaksi dengan orang lain di sepanjang perjalanan. Meskipun kaca mobil diturunkan, rasanya sulit untuk mengajak orang lain berkomunikasi dari dalam mobil.

Dengan bersepeda, kita lebih banyak memiliki kesempatan menebar senyum dan menyapa orang lain di sepanjang perjalanan. Bahkan kita bisa bersepeda sambil ngobrol dengan pesepeda yang lain atau dengan orang yang sedang berjalan.

4. Bersahabat dengan bumi

Mobil memiliki dampak yang luar biasa bagi lingkungan. Di sisi lain, sepeda dapat membantu kita menyelamatkan planet bumi. Dengan bersepeda, kita sudah berusaha mengurangi emisi gas buang yang keluar dari knalpot kendaraan.

5. Menyehatkan dan membahagiakan

Salah satu manfaat bersepeda dibandingkan dengan naik kendaraan bermotor yang tidak bisa diabaikan adalah dengan bersepeda kita bisa lebih sehat. Manfaat kesehatan dari bersepeda antara lain memelihara berat badan tetap sehat, memperbaiki kondisi mental, membentuk otot, membantu pola tidur agar lebih sehat dan tentu saja membuat kita merasa lebih bahagia.

Nah, sudahkah kamu bersepeda hari ini?

Tulis Komentar

loading...