Planet Mirip Bumi Ditemukan Satelit NASA

Gambar di atas merupakan gambar rekaan dari HD 21749c, sebuah planet yang memiliki ukuran mirip dengan bumi. Planet yang lokasinya sekitar 53 tahun cahaya ini, berhasil diindetifikasi oleh satelit Transiting Exoplanets Survey Satellite (TESS) milik NASA.

TESS merupakan satelit milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA) yang memang dikhususkan untuk berburu planet planet dalam berbagai macam tata surya. Sebelumnya TESS sudah berhasil menemukan planet HD 21749b yang merupakan saudara dari planet HD 21749c.

Pajak Games

Planet HD 21749c memiliki ukuran yang mirip dengan bumi. Planet ini mengorbit pada sebuah bintang yang ukurannya lebih kecil dari matahari. Sayangnya, HD 21749c diduga hanya berupa planet bebatuan yang kecil kemungkinan ada kehidupan di sana. HD 21749c mengelilingi orbit selama 8 hari, artinya planet ini sangat dekat dengan pusat tata suryanya. Itu sebabnya kemungkinan permukaan planet ini sangat panas atau dengan suhu permukaan sampai 800 derajat Fahrenheit.

Loading...

Peneliti NASA yang tergabung dalam program TESS berharap menemukan lebih banyak lagi planet yang seukuran dengan bumi. HD 21749c sendiri merupakan tonggak penemuan bersejarah dari TESS dan membuka jalan bagi penemuan penemuan planet lain yang memiliki ukuran yang serupa atau lebih kecil dari bumi,

Planet terbesar yang pernah ditemukan TESS adalah planet yang memiliki ukuran sebesar planet Neptunus atau dengan massa sekitar 23 kali massa bumi. Planet yang diberi nama HD 21749b ini masih berada dalam satu orbit dengan planet HD 21749c, hanya saja planet HD 21749b memiliki waktu orbit yang lebih lama atau sekitar 36 hari.

Tulis Komentar

loading...