Keunggulan Dan Kelemahan Printer Kaos DTG

Apabila Anda merupakan seorang pebisnis kaos, sudah tentu mengenal mesin printer DTG. Walaupun mesin printer DTG tampak terlihat bagus sebab menggunakan basis digital, namun juga menyimpan beberapa kelemahan tersendiri. Sebelum membuat kaos dengan metode print kaos DTG, anda dianjurkan untuk mengetahui keunggulan dan kelemahannya. Dibawah ini merupakan keunggulan dan kelemahan dalam penggunaan mesin printer DTG yang layak Anda ketahui.

A. Keunggulan Mesin DTG

DTG adalah kepanjangan dari Direct To Garment. Desain kerja mesin printer ini mampu membantu mencetak ilustrasi gambar maupun tulisan pada kaos yang menghasilkan kualitas yang tinggi. Dengan demikian, mesin printer ini mampu meningkatkan proses produksi sehingga dapat mengoktimalkan penggunaan waktu dan biaya. Dibawah ini adalah keunggulan dari penggunan mesin DTG. 

Pajak Games

1. Mesin DTG memungkinkan Anda dapat memperoleh hasil sablon yang bagus. Hal ini dapat Anda ketahui dengan cara menyamakan kualitas kaos yang sudah Anda beli. Desain hasil cetak dapat merata dan jelas serta memiliki ketajaman yang tinggi. Hasil warna cetakan mesin DTG juga dapat di bandingkan dengan metode sablon manual. Selain warna, hasil cetakan sablon dapat halus dan awet karena tinta dapat meresap sempurna pada kain. Sablon kaos tidak akan mudah luntur meskipun beberapa kali di cuci.

Loading...

2. Mesin printer DTG tidak menerapkan teknik transfer paper. Transfer paper merupakan metode memperoleh desain dengan menggunakan media perantara kertas khusus sebelum dicetak pada permukaan kaos. Setelah ilustrasi gambar dirasa sudah tersalin pada kertas, langkah berikutnya dilakukan press dengan menggunakan mesin hot press. Meskipun memberikan kemudahan, harga transfer paper yang relatif cukup tinggi membuat membengkaknya biaya produksi pada pangadaan peralatan. Selain transfer paper, mesin press kaos juga memiliki harga yang cukup mahal pula. Penggunaan kedua mesin ini juga akan menyebabkan pembengkakan pada biaya kebutuhan listrik untuk produksi. Printer DTG hadir untuk memberikan solusi produksi sablon yang hemat.

3. Keunggulan printer DTG juga memungkinkan Anda untuk mencetak sablon pada kaos berbahan dasar 100% katun. Hasil cetakan yang Anda dapat akan lebih bagus dari pada menggunakan sablon manual.

4. Pebisnis sablon kain diuntungkan oleh keunggulan mesin DTG yang hemat biaya dan sangat efisien waktu produksi sehingga memungkinkan dapat menerima pemesanan berbagai warna desain sablon. Printer DTG juga memanfaatkan fungsi mesin komputer sehingga memudahkan Anda untuk memesan desain. Aplikasi Corel Draw pada umumnya digunakan untuk memperlancar proses produksi desain sablon.

B. Kelemahan Printer DTG

Setiap pengguaan alat pemuas kebutuhan sudah tentu memiliki kekurangan. Begitu pula dengan penggunaan printer DTG dalam produksi. Meskipun menawarkan fitur keunggulan namun juga memiliki kelemahan. Dibawah ini adalah penjelasan dari kelemahan mesin DTG yang perlu Anda pahami

1. Penggunaan mesin DTG tidak bisa digunakan untuk produksi sablon secara masal. Printer DTG memiliki beberapa jenis mesin. Sebagian besar diantaranya memiliki kelebihan dalam mencetak sablon dalam jumlah satuan. Kondisi ini tidak memungkinkan bagi Anda menerima pemesanan sablon kaos masal karena tidak efisiennya mesin pendukung produksi.

2. Mesin printer DTG tidak dapat diterapkan ke berbagai jenis kain. Hanya sebagian kecil jenis kain katun cocok menggunaan mesin ini. Tetapi tidak semua mesin DTG tidak cocok dengan jenis katun, Anda harus mengetahui spesifikasi printernya terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda harus berhati-hati menggunakan mesin ini untuk mencetak sablon kaos.

3. Sudahkah Anda ketahui bahwasanya mesin printer DTG merupakan hasil modifikasi sehingga rawan muncul berbagai permaslahan. Anda harus rutin melakukan perawatan agar peforma mesin tetap terjaga. Harga mesin DTG yang mahal namun belum tentu memberikan Anda kepastian bebas dari permaslahan. Dengan demikian Anda harus teliti sebelum memutuskan membeli printer DTG.

Diharapkan penjelasan singkat mengenai keunggulan dan kelemahan mesin DTG dapat menambah wawasan Anda dalam dunia bisnis sablon digital. Sukses selalu untuk pebisnis sablon Indonesia.

Tulis Komentar

loading...