Tips Mendekor Rumah Ramah Hewan Peliharaan

Dari zaman dahulu hingga sekarang, sebagian besar masyarakat terbiasa memelihara hewan peliharaan di kediamannya. Mulai dari unggas, kucing, anjing, serangga, ikan, anjing, hingga reptil merupakan pilihan hewan yang biasanya dipelihara.

Tidak hanya sekedar memelihara untuk hobi, beberapa dari masyarakat bahkan hidup bersama dengan hewan peliharaan mereka selayaknya sahabat. Misalnya seperti kucing atau anjing yang memiliki tingkat ketangkasan dan kepatuhan terbaik terhadap pemeliharanya.

Mengurus hewan di dalam hunian kalian tentu tidak dapat dikatakan mudah, para pemukim harus mengorbankan segenap tenaga dan biaya dalam mengurusnya. Termasuk berbagi ruang dengan peliharaannya.

Tinggal dengan peliharaan dalam rumah tentu juga harus memperhatikan kebersihan dan kenyamanan pada area bermukim. Tidak hanya untuk hewan peliharaan tersebut, perhatian tersebut juga demi menunjang aktivitas sehari-hari para pemukim.

Jika kalian berniat untuk memelihara dan tinggal bersama dengan hewan peliharaan di dalam rumah, berikut adalah sejumlah tips bagaimana mendekor hunian ramah untuk hewan peliharaan dilansir dari situs housing.com.

Menghilangkan Elemen Kain

Menghilangkan karpet atau permadani di lantai hunian yang berbahan dasar kain merupakan hal yang paling umum dilakukan mengingat cukup banyak aktivitas yang dilakukan kucing dan anjing.

Selain untuk mengurangi kerusakan pada benda tersebut karena garukan kuku-kuku mereka, kalian juga dapat mencegah berkembang biaknya kutu yang datang dari bulu kucing dan anjing yang mana dapat menimbulkan sejumlah penyakit gatal-gatal dan alergi di rumah kalian.

Jika memang diharuskan untuk menaruh semacam karpet pada ruang-ruang terpenting, kalian dapat menggunakan karpet berbahan dasar kain sintetis atau lampit dari bambu.

Jauhkan dari Lantai Kayu

Mungkin lantai kayu dapat menghadirkan kesan yang elegan dan dingin pada seluruh atau sebagian ruang dalam hunian kalian. Namun, tidak untuk hunian yang ramah hewan peliharaan. Penggunaan lantai kayu dikatakan tidak terlalu baik untuk aktivitas hewan peliharaan yang agresif seperti berlari-lari. Hal tersebut mungkin mengindikasikan cedera yang serius jika hewan kalian tergelincir.

Jika lantai pada hunian kalian mayoritas merupakan lantai kayu saat pertama kali membeli rumah dijual milik kalian, jangan merombak lantai kalian demi peliharaan kalian. Sama seperti menghilangkan karpet, cukup dengan menaruh tikar yang bertekstur seperti lampit atau terbuat dari bahan sintetis dapat menjadi pencegah dari tergelincirnya peliharaan kalian. Atau kalian dapat membuat sebuah area khusus untuk hewan peliharaan bermain.

Melapisi Sejumlah Furnitur

Furnitur-furnitur seperti sofa berbahan kulit atau kain hingga tempat tidur merupakan tempat yang rentan untuk terusak oleh hewan peliharaan. Untuk itu sebelum kalian meninggalkan hunian dengan kondisi hewan berada di dalam, ada baiknya untuk melapisi furnitur-furnitur tersebut dengan kain berbahan sintetis.

Selain pada bagian-bagian yang rentan untuk terobek dengan kuku peliharaan kalian, sejumlah sudut yang tajam pada lemari, kursi atau meja, harus dilapisi dengan bahan karet. Hal tersebut guna meredam ancaman kecelakaan atau luka dari hewan tersebut.

Rutin Membersihkan Ruangan

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan penghuni dan ruangan hunian, aktivitas pembersihan hunian secara rutin juga dapat mencegah bakteri-bakteri atau virus yang mudah menjangkit peliharaan kalian.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kalian dapat menyemprotkan semprotan anti bakteri di ruangan-ruangan yang terakses oleh kalian dan hewan peliharaan kalian. Bersihkan juga ventilasi dan jendela untuk memberikan pertukaran udara yang baik pada ruangan hunian.

Tulis Komentar

loading...

loading...