7 Mitos Nyeri Pinggang Yang Wajib Diketahui

Nyeri pinggang memang menjengkelkan. Selain membatasi pergerakan tubuh dan aktivitas, tidak sedikit penderita nyeri pinggang mengeluhkan nyeri yang dialaminya kambuh kambuhan.

Baca juga: Tips Meringankan Nyeri Pinggang Saat Hamil

Pajak Games

Meskipun nyeri pinggang merupakan keluhan yang kerap dialami oleh orang dewasa, sampai saat ini masih banyak yang belum paham tentang nyeri pinggang sehingga kerap termakan oleh mitos mitos yang tidak benar tentang nyeri pinggang.

Loading...

Berikut beberapa mitos tentang nyeri pinggang yang perlu diketahui:

Mitos 1: Nyeri pinggang artinya sedang ada masalah pada tulang belakang

Pada beberapa kasus, nyeri pinggang memang bisa disebabkan oleh masalah pada tulang belakang, tetapi masalah tulang belakang bukan merupakan satu satunya penyebab nyeri pinggang. Keluhan nyeri pinggang juga bisa disebabkan oleh postur tubuh yang buruk, kelemahan dan kekakuan pada otot otot tulang belakang dan beberapa titik di sekitar tulang belakang yang sebagai pencetus.

Artinya, bila tulang belakang disebabkan oleh hal hal tersebut maka yang bisa dilakukan untuk meredakan antara lain melakukan perbaikan postur tubuh, meregangkan otot otot tulang belakang yang kaku dan melakukan pemijatan pada titik titik tertentu yang mencetuskan terjadinya nyeri tulang belakang. Jangan ragu menemui dokter bila keluhan tidak berkurang setelah melakukan hal hal tersebut.

Mitos 2: Bila nyeri pinggang telah hilang berarti masalah selesai

Seperti disebutkan di atas, angka kekambuhan nyeri pinggang sangat tinggi sehingga nyeri pinggang yang mereda saat ini belum tentu tidak akan kambuh di kemudian hari. Melanjutkan kebiasaan hidup sehat dapat mengurangi terjadinya kekambuhan, misalnya rutin berolahraga, menjaga postur tubuh, rutin melakukan peregangan pada otot otot tulang belakang, dan lain lain.

Mitos 3: Olahraga dapat memperburuk nyeri pinggang

Olahraga yang benar dapat membantu meredakan nyeri pinggang. Olahraga penguatan otot otot tulang belakang terbukti dapat membantu meredakan nyeri pinggang. Penguatan otot otot lain seperti otot hamstring dan bokong juga dapat membantu meredakan nyeri pinggang.

Memang ada beberapa jenis olahraga yang dapat memperparah nyeri pinggang seperti sit up dan olahraga yang berisikan gerakan lompat lompat. Olahraga jenis ini sebaiknya dihindari.

Mitos 4: Nyeri pinggang yang tidak parah bisa diabaikan

Orang cenderung akan mengabaikan nyeri yang tidak menganggu pergerakan dan aktivitasnya. Kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk nyeri pinggang. Menurut sebuah penelitian, pengabaian nyeri pinggang dapat meningkatkan angka kematian sampai 13 persen dan angka ini semakin meningkat ketika nyeri pinggang terus diabaikan.

Mitos 5: Nyeri pinggang merupakan sesuatu yang normal saat bertambahnya usia

Seseorang memang cenderung makin sering mengalami nyeri pinggang seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini disebabkan karena adanya pengeroposan tulang, otot otot yang makin mengecil dan kurangnya aktivitas. Namun, keluhan nyeri pinggang tersebut sebenarnya bisa tidak terjadi bila orang tersebut tetap melakukan kebiasaan hdup yang sehat seiring dengan bertambahnya usia.

Tetap aktif dan selalu mengonsumsi makanan yang sehat bergizi seimbang dapat menurunkan risiko nyeri pinggang yang disebabkan oleh peradangan seperti arthritis.

Mitos 6: Nyeri pinggang disebabkan karena kebiasaan mengangkat benda berat

Mengangkat benda berat bukan penyebab utama nyeri pinggang. Kebiasaan mengangkat benda berat lebih ke pencetus terjadinya nyeri pinggang. Saat seseorang mengalami kekakuan pada otot otot tulang belakang, mengangkat benda berat dapat menyebabkan terjadinya nyeri pinggang.

Penyebab utama nyeri pinggang harus diketahui untuk mencegah terjadinya nyeri pinggang yang berulang.

Baca juga: Nyeri Pinggang (Low Back Pain)

Mitos 7: Istirahat akan meredakan nyeri pinggang

Tidak masalah beristirahat selama satu sampai dua hari saat nyeri pinggang berat, tetapi istirahat yang berlebihan dapat memperparah nyeri pinggang. Tetaplah aktif saat nyeri pinggang untuk membantu meredakan nyeri pinggang.

Tulis Komentar

loading...