7 Kebiasaan Yang Membuat Tulangmu Melemah

Tahukah kamu? Tulang manusia sudah berkurang ketebalannya sejak usia dini. Untungnya, tubuh dapat dengan cepat mengantisipasi proses penipisan tulang ini dengan membentuk tulang baru. Saat usia remaja, proses pembentukan tulang baru lebih cepat bila dibandingkan dengan proses pengeroposan tulang.

Baca juga: Pertolongan Pertama Pada Cidera Tulang Belakang

Pajak Games

Memasuki usia 30an, pembentukan tulang baru mengalami perlambatan dan kita mulai kehilanggan massa tulang. Pola hidup yang buruk dapat mempercepat proses pengeroposan ini sehingga ketebalan tulang antara satu orang dengan orang lain tampak berbeda. Salah satu penyakit pengeroposan tulang yang bisa terjadi adalah osteoporosis.

Loading...

Lalu pertanyaannya, pola hidup bagaimana yang dapat mempercepat proses pengeroposan tulang? Berikut kita bahas satu per satu.

1. Mengonsumsi terlalu banyak protein

Kebanyakan dari kita terlalu khawatir kekurangan protein sehingga mengonsumsi protein secara berlebihan. Padahal, dengan makanan yang biasa dimakan sehari hari saja, kebutuhan protein sebenarnya sudah tercukupi.

Asupan protein yang cukup memang bermanfaat, tetapi bila konsumsinya berlebihan, justru berdampak tidak baik bagi tubuh. Kadar protein yang berlebihan di dalam tubuh menyebabkan tubuh membuang kalsium dalam jumlah banyak sehingga tubuh tidak mendapatkan kalsium yang cukup untuk pembentukan tulang.

2. Minum kopi terlalu banyak

Minum kopi memang banyak manfaatnya, tetapi bila minuman berkafein ini dikonsumsi secara berlebihan maka akan meningkatkan risiko patah tulang.

Terlalu banyak kafein yang beredar di dalam tubuh akan menghambat penyerapan kalsium di dalam usus. Namun, efek kafein pada penyerapan kalsium ini tidak akan terjadi pada mereka yang mengonsumsi kalsium sebanyak 1.000 sampai 1.200 mg per hari.

3. Kurang gerak

Apakah kamu termasuk orang yang duduk di belakang meja sepanjang hari? Bila jawabannya iya maka kamu akan sangat berisiko mengalami pengeroposan tulang. Tetap aktif merupakan salah satu cara menjaga tulang tetap kuat. Bahkan hanya dengan olahraga sederhana seperti berjalan sudah mampu meningkatkan ketebalan tulang.

4. Penurunan berat badan yang terlalu drastis

Menurunkan berat badan memang salah satu cara agar tetap sehat, tetapi bila penurunan berat badannya sampai membuatmu sangat kurus maka kondisi tersebut dapat menganggu kekuatan tulang.

Menurut sebuah artikel yang dipublikasikan Harvard Health, mereka yang penurunan berat badannya terlalu drastis akan berisiko menderita osteoporosis.

5. Berada di dalam rumah sepanjang hari

Mereka yang bekerja di rumah mengalami kecenderungan berdiam diri di dalam rumah sepanjang hari. Kondisi ini tidak hanya membuatmu tidak aktif, tetapi juga tidak terpapar sinar matahari. Sebagaimana diketahui, paparan sinar matahari sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium. Gak butuh waktu lama, 20 menit paparan sinar matahari dalam sehari sudah cukup.

6. Merokok

Mungkin kamu sudah sangat paham jika merokok dapat menganggu kesehatan, tetapi tahukah kamu? Merokok juga dapat meningkatkan risiko patah tulang.

Wanita yang merokok memiliki kecenderungan mengalami penurunan kadar hormon estrogen dan menopause dini. Kondisi ini menyebabkan risiko osteoporosis mengalami peningkatan.

Baca juga: Apakah Membunyikan Sendi Itu Berbahaya? Ini Faktanya

7. Terlalu banyak mengonsumsi garam

Menurut penelitian, mengonsumsi terlalu banyak garam dapat menurunkan kadar kalsium di dalam tubuh. Ketika tubuh membuang garam, kalsium pun akan ikut terbuang. Itu sebabnya mereka yang gemar mengonsumsi garam akan berisiko tinggi menderita osteoporosis dan batu ginjal.

Tulis Komentar

loading...