Ini Yang Terjadi Pada Mood Saat Kurang Tidur

Bagaimana tidurmu tadi malam? Apakah cukup nyenyak? Atau malah susah tidur karena sedang memikirkan atau mengerjakan sesuatu. Dari beberapa tulisan yang saya baca, populasi orang yang mengalami kurang tidur kian meningkat seiring dengan makin modernnya suatu komunitas. Jadi, bila tadi malam kamu kurang tidur dan kamu tinggal di komunitas yang modern maka masalah kurang tidur yang kamu alami bukanlah sesuatu yang langka.

Baca juga: Tips Mengeluarkan Kentut Saat Kamu Tidur Bersama Pasanganmu

Bila kita bicara tentang kurang tidur tentu akan berhubungan dengan risiko kesehatan yang bisa dialami oleh karena kurangnya waktu tidur. Faktanya, kurang tidur tidak hanya berdampak pada fisik seseorang tetapi juga pada mentalnya.

Antara kurang tidur dengan mood memiliki hubungan yang sangat erat. Kurang tidur menyebabkan seseorang cenderung memiliki emosi yang negatif seperti mudah marah, mudah tersinggung dan bahkan depresi. Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan seseorang mengalami peningkatan reaksi emosional. Mengatasi masalah emosi ini dengan minum segelas kopi tidak akan berhasil.

Apa sebenarnya yang menyebabkan perubahan emosi saat kurang tidur?

Singkatnya, peningkatan mood negatif saat seseorang kurang tidur disebabkan oleh meningkatnya aktivitas amygdala pada otak. Amygdala sendiri adalah bagian dari sistem limbik otak yang bertanggung jawab untuk mendeteksi rasa takut dan menyiapkan tubuh untuk menghadapi sesuatu kegawatan.

Amygdala-lah yang menyebabkan kita mengalami ketakutan terhadap sesuatu yang diluar kendali kita. Amygdala juga berperanan dalam pengaturan mood. Kurang tidur yang hanya satu malam sudah cukup bagi otak untuk mengatur ulang sumber dayanya sehingga akan berpengaruh terhadap kontrol emosi.

Bagaimana cara agar tidur kita kembali sehat?

Sepertiga waktu yang kita miliki adalah untuk tidur. Artinya, kita butuh tidur selama 8 jam setiap malam. Bila ini tercapai maka tubuh manusia, baik fisik dan mental akan berjalan sebagamana mestinya. Kehilangan waktu tidur satu atau dua jam akan berdampak buruk bagi otak sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Baca juga: Sering Tidur Kurang Dari 5 Jam? Waspadai Penyakit Ini

Moral dari tulisan ini adalah, tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok dari tubuh manusia agar tetap mampu bekerja optimal. Penerapan pola hidup sehat seperti olahraga yang teratur dan pengaturan pola makan tidak akan berhasil tanpa disertai dengan tidur yang cukup.

Bagaimana dengan tidurmu tadi malam?

Tulis Komentar

loading...

loading...