Kurang Tidur Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Mereka yang waktu tidurnya kurang dari 6 jam setiap malam memiliki risiko menderita penyakit kardiovaskuler yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan mereka yang waktu tidurnya antara 7 sampai 8 jam. Demikian kurang lebih kesimpulan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol.

Baca juga: 5 Efek Berbahaya Dari Kebanyakan Tidur

Pajak Games

Penelitian ini melibatkan responden sebanyak 3.974 orang yang bekerja sebagai karyawan bank. Mereka diminta memakai alat khusus selama seminggu yang berfungsi untuk mencatat kebiasaan tidur. Kondisi jantung responden diperiksa menggunakan alat USG 3D dan CT Scan.

Loading...

Penelitian ini berhasil membandingkan risiko penyakit jantung antara mereka yang waktu tidurnya kurang dari 6 jam dengan mereka yang waktu tidurnya antara 7 sampai 8 jam. Setelah dibandingkan, ternyata mereka yang waktu tidurnya antara 7 sampai 8 jam mengalami atherosklerosis preklinis yang lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang waktu tidurnya kurang dari 6 jam.

Atherosklerosis preklinis sendiri adalah terjadinya perubahan struktur dinding pembuluh darah arteri berupa penebalan, tetapi perubahan ini belum sampai menimbulkan komplikasi atau gejala.

Pada penelitian sebelumnya, para ahli berhasil menemukan hubungan antara kurang tidur dengan beberapa faktor risiko penyakit jantung seperti kadar gula darah yang meningkat, tekanan darah tinggi, peradangan dan kegemukan.

Seperti halnya pengaturan pola makan dan olahraga, pola tidur menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler.

Hasil penelitian ini seakan memberi dukungan terhadap anggapan yang berlaku selama ini tentang waktu yang dibutuhkan untuk tidur. Sebagaimana diketahui, waktu tidur yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah antara 7 sampai 8 jam. Bila karena suatu kondisi, seseorang tidak mampu mencukupi waktu tidurnya seperti yang dianjurkan maka sebaiknya dia mengatur pola makan dengan baik serta berolahraga yang teratur.

Baca juga: Ini Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Tidur Siang

Mengerasnya dinding arteri yang terjadi secara bertahap dalam jangka waktu lama merupakan masalah besar yang bisa terjadi pada jantung. Kebanyakan orang bisa hidup bertahun tahun meskipun telah terjadi perubahan pada dinding artinya. Gejala baru dirasakan saat pembuluh darah arteri tersumbat sepenuhnya. Sumbatan pembuluh darah bila terjadi pada jantung akan menyebabkan terjadinya serangan jantung, sedangkan bila terjadi pada otak akan menyebabkan stroke.

Bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu tidur yang cukup?

Tulis Komentar

loading...