Apakah Marah Ada Manfaatnya?

Apakah kamu pernah marah? Apakah menurut kamu, marah itu ada manfaatnya? Kebanyakan pasti akan menjawab bahwa marah itu gak baik dan sedapat mungkin dihindari. Benarkah demikian?

Baca juga: Tips Mengendalikan Amarah Saat Berkendara

Pajak Games

Mengapa kebanyakan orang menganggap marah itu sebagai sesuatu yang gak baik? Karena mereka menganggap marah itu sebagai gambaran dari suatu emosi yang negatif. Padahal faktanya, tidak ada yang namanya emosi yang negatif. Segala emosi yang kamu alami adalah berasal dari pengalaman dan itu sangat manusiawi. Artinya, setiap manusia bisa mengalami emosi yang sama sehingga tidak pas jika disebut sebagai emosi negatif. Positif atau negatif yang kamu rasakan saat mengalami emosi sangat tergantung dari kemampuanmu mengelola emosi tersebut.

Loading...

Saat marah, kita cenderung melakukan hal hal yang diluar kontrol seperti berteriak, menangis, memukul dan sebagainya. Marah seperti ini adalah marah yang merusak. Namun, bila kamu berhasil mengendalikan marahmu sehingga bisa mengekspresikan marahmu pada hal hal yang positif maka marah yang kamu alami adalah marah yang produktif.

Kapan marah itu dikatakan bermanfaat?

Berikut tiga cara mengelola marah agar bermanfaat:

1. Marah dapat membantu perkembangan kepribadian

Menganggap marah sebagai sebuah kekuatan positif yang dapat mengubah hidupmu akan membuatmu lebih bisa memahami potensi yang ada pada dirimu. Dengan demikian, kamu bisa lebih waspada untuk mengekspresikan marahmu dan berusaha mengarahkan ke hal hal yang positif. Dengan melakukan hal ini maka kedewasaan dan kematangan kepribadianmu akan makin terasah.

2. Marah dapat membantu mengubah hidumu

Tanpa kemarahan, kamu tidak akan melakukan apa apa pada sesuatu yang mengecewakan dirimu. Marah merupakan tanda bahwa kamu sedang tidak bahagia atau tidak puas dengan sesuatu dalam hidupmu. Semua itu akan menyadarkan bahwa apa yang kamu lakukan selama ini adalah salah dan ingin diubah ke arah yang lebih baik.

Baca juga: Orang Kampung Cenderung Lebih Bahagia Daripada Orang Perkotaan, Ini Sebabnya

3. Marah membantumu mengingatkan sesuatu yang penting

Setiap kamu marah, kamu akan diingatkan untuk melakukan sesuatu menurut skala prioritas. Artinya, ada beberapa hal penting yang kudu kamu lakukan. Kamu marah karena membiarkan orang lain bekerja tanpa batas, atau membiarkan pasanganmu melakukan hal hal yang negatif. Dengan marah kamu bisa menghentikan hal hal tersebut. Bila kamu berhasil melakukannya maka kamu akan membuat marahmu sebagai sesuatu yang patut dihargai.

Tulis Komentar

loading...