Tips Mencegah Kanker Prostat

Seperti namanya, kanker prostat adalah kanker atau keganasan yang terjadi pada prostat. Sedangkan prostat sendiri adalah organ kelenjar pada pria yang letaknya tepat di bawah kandung kemih dan berfungsi sebagai salah satu organ yang memproduksi air mani.

Baca juga: Sekilas Tentang Kanker Prostat

Salah satu momok menakutkan dari prostat adalah prostat membesar baik jinak maupun ganas. Perbedaan mencolok dari pembesaran prostat jinak dan pembesaran prostat ganas adalah pada pembesaran prostat ganas terjadi penyebaran sel sel kanker ganas ke organ lain.

Bila kamu merasa menjadi salah satu orang yang berminat tentang risiko kanker prostat maka kemungkinan besar kamu juga akan tertarik dengan cara cara mencegah kanker prostat.

Karena penyebab pasti kanker prostat masih belum diketahui maka pencegahan penyakit ini pun tidak begitu mudah. Memang selama ini telah banyak penelitian yang berupaya menemukan cara untuk mencegah kanker prostat, tetapi hasilnya belum begitu memuaskan. Jadi, sampai saat ini belum ada cara ampuh yang terbukti secara klinis dapat mencegah terjadinya kanker prostat.

Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker prostat. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker prostat sekaligus meningkatkan kondisi kesehatan tubuh secara umum.

Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi seimbang

Ada beberapa penelitian yang membuktikan manfaat makanan sehat bergizi seimbang untuk menurunkan risiko kanker prostat. Makanan sehat tersebut terutama yang berasal dari buah buahan dan sayuran.

Alasan lain memilih makanan sehat untuk mencegah kanker prostat karena pada sebuah penelitian disebutkan, pria yang kerap mengonsumsi makanan kaya lemak setiap hari mengalami peningkatan risiko kanker prostat. Meskipun penelitian ini tidak membuktikan lemak sebagai penyebab kanker prostat, tetapi ada baiknya kita mengurangi konsumsi lemak untuk menurunkan risiko kanker prostat.

Selain menurunkan risiko kanker prostat, mengurangi konsumsi lemak juga dapat membantu menurunkan berat badan dan menyehatkan jantung.

Untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak, batasi makanan yang tinggi kadar lemaknya dan pilihlah makanan yang rendah lemak. Batasi juga penambahan lemak atau minyak saat memasak makanan.

Perbanyak konsumsi buah buahan dan sayuran setiap hari. Buah buahan dan sayuran sangat kaya dengan vitamin dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan risiko kanker prostat. Mengonsumsi buah buahan dan sayuran dalam jumlah banyak juga dapat menurunkan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Jaga berat badan agar tetap sehat

Pria gemuk dengan indeks massa tubuh melebihi 30 memiliki risiko tinggi menderita kanker prostat. Jika saat ini kamu gemuk maka tidak ada salahnya untuk segera menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan membatasi asupan kalori dan rutin berolahraga.

Baca juga: Kanker Prostat

Berolahraga secara rutin

Sebuah penelitian menyimpulkan, olahraga secara rutin dapat menurunkan risiko kanker prostat. Selain itu, olahraga tentu saja bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kanker yang lain. Olahraga juga dapat membantu mempertahankan berat badan selalu dalam kondisi sehat.

Demikian beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kanker prostat.

loading...

loading...