Panduan Membersihkan Botol Susu Bayi Dengan Tepat Untuk Cegah Masalah Pencernaan

Kebanyakan diantara bayi yang sudah memasuki usia 1 tahun memang tak lagi mengkonsumsi asi secara eksklusif, melainkan menggantinya dengan susu formula. Apalagi untuk beberapa bunda yang juga memiliki kesibukan di kantor untuk bekerja, pemberian susu formula ini nyatanya jauh lebih efektif dibandingkan dengan menyusui. Hanya saja sering kali juga diantaranya yang tidak memperhatikan kebersihan dari botol yang digunakan tersebut, sehingga dapat memicu terjadinya berbagai jenis masalah, seperti diantaranya adalah sakit perut.

Lemak susu yang menempel pada botol begitu sulit untuk dibersihkan, juga rentan mengundang berbagai jenis kuman penyebab penyakit untuk hinggap disana. Untuk itu ketahui cara dalam mencucinya dengan tepat, agar benar-benar bersih higienis, diantaranya adalah:

  1. Gunakan sabun botol susu bayi Sleek, pemilihan detergen atau sabun untuk mencuci botol susu ini harus benar-benar dipertimbangkan, karena kenyataannya memang tak semua sabun cuci cocok, beberapa hanya bisa membersihkan saja, tanpa mengangkat sisa lemak susu, bahkan tak jarang diantaranya kandungan bahan kimia atau detergen yang berbahaya dan beresiko menempel di botol, tentu bisa saja ikut tertelan buah hati bukan.
  2. Pakailah spons khusus, spons yang nantinya bisa secara efektif mengangkat kotoran pada botol susu tersebut. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian yang paling penting yaitu dot mereka dari sisa susu.
  3. Sterilkan, proses yang wajib dilakukan oleh para orang tua di rumah, agar nantinya botol susu tak sekedar bersih, melainkan juga higienis bebas dari kuman adalah dengan mensterilkannya. Proses sterilisasi ini agaknya begitu mudah, diantaranya adalah dengan memasukkannya pada air yang sudah mendidih, atau dengan mengoven botol tersebut beberapa saat, agar bakteri yang menempel bisa mati.

Pastikan juga untuk menyimpannya di tempat yang bersih, agar bakteri tak lagi hinggap pada botol tersebut. Produk sabun khusus untuk mencuci botol susu bayi, kemudian juga detergen khusus baju bayi sebenarnya dapat secara mudah ditemukan di pasaran, beberapa brand mengeluarkannya, salah satunya adalah Sleek, sehingga tak perlu kesulitan dalam membelinya.

loading...

loading...