Terbukti Saintifik! 5 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan

Bagi beberapa orang, membaca dan menulis merupakan hobi yang menyenangkan. Selain menyenangkan, membaca ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tentu saja, untuk mendapatkan manfaat ini, bacaan yang dibaca adalah bacaan yang isinya positif.

Baca juga: Membaca Bersama Anak Anak

Pajak Games

Untuk mendapatkan manfaat dari membaca, seseorang tidak harus membeli dan membaca sebuah buku. Membaca artikel di internet pun memiliki manfaat yang sama, termasuk membaca blog ini. Dan manfaat kesehatan dari membaca sudah bisa didapatkan hanya dengan membaca selama 30 menit setiap hari.

Loading...

Berikut 5 manfaat membaca bagi kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah:

1. Membaca dapat meredakan stress

Stress merupakan masalah pada pikiran yang sangat berpengaruh bagi kesehatan. Selama ini sudah banyak penelitian yang menghubungkan stress dengan risiko berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes, insomnia dan lain lain.

Membaca adalah strategi yang cukup efektif untuk meredakan stress. Menurut sebuah penelitian, membaca dapat membantu meredakan stress sampai 68%. Membaca bahkan lebih efektif meredakan stress bila dibandingkan dengan berjalan kaki, mendengarkan musik atau minum teh.

Tentu saja bacaan yang dibaca untuk meredakan stress adalah bacaan yang menyenangkan. Sebaliknya bila yang dibaca adalah bacaan yang bertentangan dengan hati nurani maka manfaat meredakan stress tidak akan didapatkan.

2. Membaca dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Untuk mencegah penyakit Alzheimer maka yang kudu dilakukan adalah merangsang pikiran untuk selalu berpikir. Dan salah satu cara merangsang pikiran adalah dengan membaca.

Pada sebuah penelitian yang meneliti otak manusia dewasa pasca kematian menemukan, mereka yang rajin membaca mengalami kerusakan otak yang lebih sedikit, terutama bagian otak yang berhubungan dengan saya ingat.

3. Membaca dapat membantu merangsang tidur

Jika selama ini kamu kerap mengalami susah tidur maka membaca buku adalah salah satu cara untuk merangsang kantuk. Membaca melalui gadget tidak dianjurkan untuk merangsang tidur karena emisi sinar biru yang dipancarkan gadget akan membuat kamu terjaga. Jangan juga membaca buku yang isinya sangat menarik karena hal tersebut akan membuat kamu tetap terjaga.

4. Membaca dapat membuatmu berumur panjang

Meskipun banyak yang skeptis terhadap hal ini, tetapi sejatinya apapun yang kamu lakukan selama hal tersebut adalah sesuatu yang positif maka akan dapat membuat umurmu lebih panjang.

Membaca sendiri dapat membantu memperpanjang umur dan manfaat ini bisa dirasakan lebih jika kamu bergabung dengan klub membaca. Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan, membaca buku bersama sama dalam sebuah klub dapat membantu memperpanjang usia. Aspek sosial dari klub membaca ini kemungkinan memegang peranan dalam memperpanjang umur.

5. Membaca dapat meredakan depresi dan membuat kamu lebih bahagia

Hanya dengan membaca selama 30 menit dalam seminggu, kamu sudah bisa merasakan kebahagiaan dan membantu meredakan depresi sampai 28%. Demikian kesimpulan yang didapatkan oleh sebuah penelitian.

Baca juga: Hasil Tes Kehamilan Positif Padahal Tidak Hamil? Ini Penyebabnya

Sekedar menambahkan, membaca dapat membantu menyingkirkan perasaan yang berhubungan dengan ketidakbahagiaan seperti perasaan kesepian dan kecemasan. Jika suatu saat kamu merasakan hal ini, segeralah mengambil buku dan membacanya.

Tulis Komentar

loading...