Mengenal Vaskulitis

Vaskulitis adalah istilah medis untuk kumpulan penyakit dengan ciri khas berupa reaksi inflamasi pada pembuluh darah. Penyakit inflamasi pembuluh darah yang dimasukkan ke dalam vaskulitis biasanya penyakit inflamasi yang tidak umum dan sulit diketahui penyebabnya.

Baca juga: Tips Mencegah Penyakit Pembuluh Darah

Secara umum, vaskulitis dibagi bagi berdasarkan sebaran pembuluh darah yang terkena, pola dari organ yang terdampak dan ketidaknormalan hasil pemeriksaan laboratorium.

Penyebab pasti vaskulitis sampai saat ini belum diketahui, tetapi menurut beberapa penelitian, abnormalitas sistem kekebalan tubuh memiliki peranan penting. Berikut beberapa contoh penyakit vaskulitis yang melibatkan peranan sistem kekebalan tubuh:

  • Kawasaki disease.
  • Behcet’s disease.
  • Polyarteritis nodosa.
  • Granulomatosis dengan polyangiitis.
  • Takayasu’s arteritis.
  • Churg-Strauss syndrome.
  • Giant cell arteritis (temporal arteritis).
  • Henoch-Schonlein purpura.

Vaskulitis juga bisa disertai dengan infeksi, misalnya pada hepatitis B. Vaskulitis juga bisa disebabkan karena adanya paparan zat kimia tertentu seperti amphetamine dan kokain. Limfoma dan multiple myeloma adalah contoh kanker yang bisa disertai vaskulitis. Untuk penyakit rematik yang dapat menyertai vaskulitis antara lain rhematoid arthritis dan Lupus.

Hasil pemeriksaan laboratorium pada pasien vaskulitis umumnya mengindikasikan adanya proses inflamasi dalam tubuh. Pemeriksaan laboratorium yang dilakukan tergantung dari kecurigaan organ yang terlibat dalam proses vaskulitis. Organ yang terdampak umumnya terlihat abnormal pada pemeriksaan laboratorium. Untuk memastikan diagnosis, kadang dibutuhkan biopsi pada jaringan yang terdampak untuk melihat pola inflamasi yang terjadi pada pembuluh darah.

Pengobatan vaskulitis terhantung dari jenis dan beratnya penyakit dan organ tubuh yang terdampak. Pengobatan diutamakan untuk menghentikan proses inflamasi dan menekan fungsi sistem imun. Obat obatan yang digunakan umumnya adalah obat obatan golongan kortison seperti prednison. Obat obatan penekan sistem imun lain yang kerap digunakan antara lain cyclophosphamide.

Baca juga: Macam Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Keberhasilan pengobatan dan kesembuhan pasien vaskulitis sangat tergantung dari cepat dan tepatnya penanganan. Makin cepat pasien dibawa ke tempat fasilitas kesehatan maka komplikasi atau meluasnya organ yang terdampak akibat vaskulitis bisa ditekan. Secara umum, pasien vaskulitis yang diobati dengan baik akan dapat sembuh dengan baik, meskipun pada beberapa kasus terjadi kekambuhan.

loading...

loading...