Pindah Rumah (Lagi)

Setelah dua minggu ini saya disibukan oleh kondisi server hosting yang bermasalah, akhirnya mulai hari ini, blogdokter.net terpaksa saya pindahkan ke tempat hosting yang baru. Untuk tempat hosting kali ini saya menjatuhkan pilihan ke idcloudhost. Mengapa idcloudhost? Karena kebetulan itu yang terlintas di dalam pikiran dan baca baca review di internet juga tidak terlalu jelek.

Karena punya pengalaman buruk dengan perusahaan hosting lokal, saya hanya ‘ngontrak’ selama 4 bulan di idcloudhost. Kontrak bisa diperpanjang jika selama 4 bulan ini, saya tidak menemukan kendala dalam menempatkan blogdokter.net di idcloudhost.

Kembali ke cerita awal alasan saya terpaksa pindah hosting dari HawkHost. Beberapa minggu terakhir, blog ini sangat susah diakses dan kerap muncul pesan error 524 yang artinya server sedang overload sehingga tidak bisa mengirimkan data ke browser pembaca. Mengapa bisa demikian? Karena penggunaan CPU server sangat tinggi, bahkan sering mencapai 100%.

Ketika saya tanyakan ke pihak pengelola hosting, penyebab dari tingginya load CPU Server karena tingginya proses yang sedang berlangsung di web blogdokter.net. Saya cek di cPanel, proses eksekusi yang terjadi di server blogdokter.net selalu 7/100, padahal untuk shared hosting di HawkHost, 7 proses secara silmutan itu sudah merupakan suatu nilai yang maksimal. Artinya, tidak ada lagi sumber daya yang tersisa untuk menjalankan blogdokter.net.

Berbagai upaya telah saya lakukan untuk mengatasi hal ini, mulai dari deaktivated beberapa plugin, sampai dengan senjata pamungkas berupa install ulang wordpress. Ternyata semua usaha itu sia sia, CPU load tetap saja tinggi, rata rata 90%.

Anehnya, kejadian ini bermula setelah server blogdokter.net dipindahkan ke server yang baru di Singapura. Saya mencurigai ada masalah pada server HawkHost yang baru, tetapi saya gak yakin masalahnya dimana. Mengapa demikian? Karena blog saya yang satu lagi yang saya tempatkan di penyedia hosting yang sama, tidak mengalami masalah seperti blogdokter.net.

Karena pasrah, akhirnya saya memutuskan untuk memindahkan blog ini ke tempat hosting yang baru. Dan ternyata setelah semua terpasang dengan baik, blog ini tidak mengalami masalah yang sama seperti saat masih ngontrak di HawkHost. Mudah mudahan blog ini tidak mengalami masalah lagi sehingga bisa terus memberikan manfaat bagi pembacanya.

Tulis Komentar

loading...

loading...