Mengenal Kanker Langka: Angiosarkoma

Apakah angiosarkoma?

Angiosarkoma adalah tumor agresif yang timbul pada pembuluh darah atau limfatik. Ini termasuk dalam sarkoma jaringan lunak, yaitu ketika sel kanker bermula dari jaringan lunak tubuh.

Jaringan lunak adalah jaringan yang menunjang dan menghubungkan struktur dan organ tubuh. Yang termasuk dalam jaringan ini antara lain lemak, otot, pembuluh darah, saraf, tendon, dan lapisan pada tulang sendi. Sarkoma jaringan lunak dapat menyerang bagian tubuh mana pun, dan dapat menyerang semua jenjang usia. Khusus untuk angiosarkoma, bagian yang sering terkena adalah kulit kepala dan wajah.

Seberapa umumkah angiosarkoma?

Angiosarkoma adalah tumor langka yang timbul pada pembuluh darah atau limfatik. Mereka menyumbang sekitar 15 persen dari semua sarcoma kepala dan leher dan 1 persen dari semua sarcoma jaringan lunak. Dalam rangkaian database SEER dari 434 kasus angiosarkoma kulit yang dilaporkan antara 1973 dan 2007, sebanyak 270 kasus (72 persen) muncul di wilayah kepala dan leher. Angiosarkoma kepala dan leher cenderung merupakan penyakit pria Kaukasia pada usia tua, dengan usia rata-rata kejadian 65 sampai 70, dan rasio pria terhadap wanita 2: 1.

Apakah penyebab angiosarkoma?

Beberapa ahli mengusulkan paparan sinar matahari menjadi penyebab, hal ini didasarkan pada dominasi relative laki-laki Kaukasia, usia kejadian, dan lokalisasi pada wajah dan kulit kepala. Namun hal ini belum ditunjukkan dengan jelas.

Angiosarkoma adalah salah satu tumor paling umum yang disebabkan oleh terapi radiasi, seringkali setelah perawatan kanker payudara atau limfoma Hodgkin, dengan waktu perkembangan rata-rata 8 sampai 10 tahun. Riwayat radio terapi sebelumnya kewajah ataukulit kepala terjadi pada 5 sampai 20 persenpasien.

klik untuk lebih lanjut

loading...

loading...