Dosis Vitamin C Yang Dianjurkan Setiap Hari

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang paling banyak dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Maraknya orang mengonsumsi vitamin C tidak terlepas dari mitos bahwa vitamin C dapat mencegah berbagai macam penyakit termasuk sariawan, cold dan flu.

Baca juga: Vitamin Terkenal Ini Ternyata Tidak Bermanfaat

Sumber vitamin C di alam sebenarnya sudah cukup banyak dan kita tidak perlu khawatir kekurangan vitamin C. Namun, karena vitamin ini larut di dalam air maka dosis yang diminum diusahakan melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Pengaturan dosis ini menjadi penting bila kita mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen. Sebagaimana diketahui, suplemen vitamin C harusnya diminum bila asupan vitamin C dari makanan tidak mencukupi.

Berapa sih dosis ideal untuk vitamin C?

Saat kita minum vitamin C dari makanan sebanyak 15 mg, maka yang diserap tubuh kira kira 90 persennya. Ketika kita mengonsumsi suplemen vitamin C sebesar 1.250 mg, tubuh melalui lapisan di usus menganggap dosisnya terlalu besar sehingga penyerapan vitamin C dikurangi hanya setengahnya.

Melalui percobaan asupan vitamin C secara bertahap ke dalam tubuh baru bisa diketahui dosis optimal dari vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Dosis optimal tersebut ternyata 200 mg per hari. Artinya, saat kita mengonsumsi vitamin C sebanyak 200 mg maka keseluruhan vitamin C tersebut akan diserap oleh tubuh.

Bila yang dikonsumsi melebihi 200 mg maka tubuh akan menolak menyerapnya melalui mekanisme tertentu pada lapisan bagian dalam usus.

Sebagai tambahan, vitamin C diserap kembali di dalam ginjal dan dikembalikan ke aliran darah untuk menjaga kadar vitamin C tubuh tetap stabil antara 70 sampai 80 mikromole per liter. Kadar vitamin C dalam darah yang optimal ini akan tercapai saat kita mengonsumsi 200 mg vitamin C.

Bagaimana jika kita minum minuman suplemen yang mengandung 2000 mg vitamin C? Meskipun kita mengonsumsi vitamin C dalam dosis besar, yang diserap tubuh tetaplah 200 mg untuk menjaga kestabilan kadar vitamin C di dalam darah antara 70 sampai 80 mikromole per liter. Sisanya kemana? Akan dibuang bersama dengan urine dan feses. Dari pembahasan di atas maka dapat disimpulkan dosis yang optimal untuk vitamin C adalah 200 mg per hari.

Baca juga: Manfaat Buah Lemon, Gudangnya Vitamin C Alami

Apakah memungkinkan mendapatkan 200 mg vitamin C setiap hari tanpa mengonsumsi suplemen? Jangan khawatir, makan buah dan sayuran dalam satu porsi masing masing sudah mengandung 50 mg vitamin C. Jika kita mengonsumsi masing masing dua porsi maka kebutuhan vitamin C harian sudah terpenuhi.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman