Asam Lambung Kurang Asam? Ini Gejalanya

Kita mungkin lebih sering mendengar istilah asam lambung naik atau asam lambung tinggi, tapi tahukah kamu? Asam lambung yang terlalu rendah atau kurang asam juga bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.

Baca juga: Pantangan Makanan Dan Minuman Penderita Wasir

Asam lambung adalah cairan asam yang diproduksi oleh lambung untuk membantu proses pencernaan protein dan mineral sehingga mudah diserap oleh tubuh. Asam lambung juga bermanfaat untuk membunuh bakteri dan parasit yang masuk bersama makanan.

Perubahan kadar asam di dalam lambung bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti kondisi sistem pencernaan secara umum, makanan dan faktor lainnya. Selain mengalami kenaikan, kadar asam di dalam lambung juga bisa mengalami penurunan. Menurut data di Amerika Serikat, sekitar 22 persen penduduk di sana memiliki kadar asam lambung yang terlampau rendah.

Apa saja gejala yang dirasakan saat kadar asam lambung terlalu rendah?

Berikut beberapa gejala yang dirasakan pasien saat kadar asam lambungnya terlalu rendah:

1. Nyeri uluhati

Sebagian besar orang yang lambungnya bermasalah akan merasakan nyeri pada uluhati. Bila selama ini keluhan nyeri uluhati kerap divonis sebagai kenaikan asam lambung, ternyata penurunan asam lambung juga mengalami keluhan yang sama. Penurunan kadar asam lambung menyebabkan gas di dalam lambung meningkat sehingga menyebabkan terjadinya nyeri atau perasaan tidak nyaman pada uluhati.

2. Kesulitan mencerna daging

Orang yang kadar asam lambungnya rendah akan kesulitan mencerna daging dan makanan berprotein tinggi. Kondisi ini ditandai dengan perasaan capek, pusing dan mual setelah mengonsumsi daging.

3. Perut kembung setelah makan

Perut kembung penuh gas biasanya terjadi karena sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik. Perut penuh gas juga pertanda adanya pertumbuhan bakteri berlebihan di dalam usus.

4. Alergi makanan

Saat mengalami reaksi alergi setelah makan makanan tertentu, jangan buru buru menyalahkan makanan yang kita konsumsi. Reaksi alergi ini juga bisa terjadi karena kadar asam lambung yang terlalu rendah. Meskipun hubungan antara alergi makanan dengan kadar asam lambung belum bisa dijelaskan dengan pasti oleh para ahli, tetapi mereka bisa menemukan adanya hubungan yang kuat diantara keduanya.

5. Kurang gizi

Bila kamu merasa telah mengonsumsi makanan yang bergizi tetapi kenyataannya masih kurang gizi maka kemungkinan besar ada yang salah dengan proses penyerapan makanan. Salah satu biang keroknya adalah karena rendahnya kadar asam di dalam lambung.

6. Masalah pada kulit seperti jerawat

Sistem pencernaan yang sehat sangat berhubungan dengan kesehatan kulit. Penurunan asam lambung akan menyebabkan meningkatnya pertumbuhan bakteri yang salah satunya adalah bakteri penyebab jerawat. Ini menjelaskan mengapa 40 persen penderita jerawat memiliki kadar asam lambung yang rendah.

7. Makanan tidak tercerna sempurna pada feses

Bila kadar asam lambung terlalu rendah, makanan di dalam lambung tidak tercerna dengan baik sehingga makanan yang tidak tercerna ini akan keluar bersama feses.

8. Kerontokan rambut pada wanita

Tahukah kamu? Salah satu penyebab kerontokan rambut pada wanita karena kekurangan vitamin B. Gejala lain dari kekurangan vitamin B adalah kerusakan pada kuku. Daging adalah sumber utama vitamin B dan pada mereka yang kadar asam lambungnya terlalu rendah, pencernaan daging tidak bisa dilakukan dengan sempurna.

Baca juga: Makan Sedikit Kok Gemuk, Makan Banyak Kok Kurus? Berikut Penjelasannya!!

9. Diare atau susah buang air besar

Diare dan susah buang air besar pada mereka yang kadar asam lambungnya rendah disebabkan oleh pertumbuhan bakteri usus yang berlebihan. Jadi, kelebihan bakteri pada usus dapat menyebabkan keluhan pada pencernaan seperti diare, susah buang air besar dan perut kembung.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman