6 Mitos Sistem Imun Yang Wajib Kamu Ketahui

Sistem imun adalah sistem kekebalan tubuh yang fungsi utamanya adalah melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus. Sistem imun manusia sangatlah kompleks dan belum semua mekanisme dari sistem imun ini diketahui oleh para ahli.

Baca juga: #TwitKes tentang #SistemImmun atau Sistem Kekebalan Tubuh

Karena banyak hal dari sistem imun ini masih berupa misteri, tidak salah jika di masyarakat banyak berkembang mitos yang salah tentang sistem imun. Mengapa salah? Karena kebanyakan mitos tersebut tidak didasari oleh penelitian yang valid.

Berikut beberapa mitos tentang sistem imun yang wajib diketahui:

1. Minum banyak vitamin dan mineral dapat meningkatkan sistem imun

Memang benar jika kekurangan zat gizi dalam jangka panjang dapat menurunkan sistem imun. Dan memang benar juga jika mengonsumsi vitamin dan mineral sesuai anjuran setiap hari dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Namun, sampai saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa mengonsumsi vitamin dan mineral sesuai anjuran dapat mencegah suatu penyakit. Kecuali kekurangan vitamin dan mineral, mengonsumsi vitamin dan mineral dosis tinggi tidak terbukti menguntungkan bagi sistem imun. Kebiasaan mengonsumsi vitamin dan mineral dalam dosis tinggi justru bisa berdampak buruk bagi tubuh.

2. Minum suplemen vitamin C untuk mencegah flu dan common cold

Banyak orang sengaja mengonsumsi suplemen vitamin C agar terhindar dari penyakit cold dan flu. Sayangnya, penelitian membuktikan, suplemen vitamin C tidak menurunkan risiko terkena cold dan flu pada mereka yang mengonsumsinya.

Penelitian tentang suplemen vitamin C hanya bisa membuktikan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C dapat mempercepat penyembuhan cold dan flu.

3. Mengeluh sakit berarti sistem imun sedang lemah

Orang menderita sakit kebanyakan karena terpapar bakteri atau virus, bukan karena sistem imun lemah. Setiap orang bisa menderita sakit saat terpapar virus dan itu tidak berarti sistem imunnya sedang lemah. Jadi, saat mengeluh sakit, jangan buru buru menyimpulkan sistem imun sedang lemah.

4. Sistem imun yang aktif membuat kita lebih sehat

Tahukah kamu? Sistem imun yang terlalu aktif dapat menyebabkan reaksi alergi. Reaksi penolakan ini bahkan terjadi saat tubuh terkena zat yang seharusnya tidak berbahaya. Jadi, sistem imun yang hiperaktif menandakan seseorang sedang menderita asma, lupus, dermatitis atopik dan alergi makanan.

5. Demam dapat melemahkan sistem imun

Demam adalah mekanisme alami tubuh dalam melawan infeksi. Naiknya temperatur tubuh serta merta akan meningkatkan fungsi sel. Demam juga membuat virus dan bakteri susah untuk hidup. Jadi, demam yang tinggi tidak ada pengaruhnya dengan sistem imun.

Baca juga: Trik Atasi Alergi Susu Pada Buah Hati

6. Vaksin dapat melemahkan sistem imun

Beberapa orang tua menolak anaknya divaksin dengan alasan sistem imun anaknya bisa melemah karena vaksin. Ini sama sekali tidak benar karena vaksin justru dapat menguatkan respon sistem imun tanpa mempengaruhi sel tubuh yang sehat.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman