Kesehatan Mulut Berhubungan Dengan Hipertensi, Baik Atau Buruk?

Penderita hipertensi yang kesehatan gigi dan mulutnya buruk ternyata lebih susah untuk mengendalikan tekanan darahnya. Demikian kesimpulan penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension.

Baca juga: Inilah 7 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Mudah

Diantara penderita hipertensi yang menjalani pengobatan dengan obat obatan anti hipertensi, mereka yang menderita penyakit gusi rata rata memiliki tekanan darah yang lebih tinggi 2 sampai 3 mmHg bila dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita penyakit gusi. Penderita hipertensi yang juga menderita penyakit gusi memiliki respon yang lebih rendah terhadap obat obatan anti hipertensi.

Penelitian sebelumnya telah banyak menyimpulkan hubungan antara buruknya kesehatan mulut dengan peningkatan risiko menderita penyakit kardiovaskuler, diabetes, stroke dan kegemukan. Hubungan yang tidak baik ini ujung ujungnya akan meningkatkan risiko kematian.

Yang baru dari penelitian ini adalah penyakit gusi ternyata berhubungan dengan efektivitas dari pengobatan pada pasien pasien hipertensi.

Pada penelitian ini, peneliti menganalisa data dari survei tahunan U.S. National Health and Nutrition Examination, yang diselenggarakan dari tahun 2009 sampai dengan 2014. Mereka yang dipilih dalam penelitian ini adalah yang berusia di atas 30 tahun, menderita hipertensi dan rutin menjalani pemeriksaan gigi. Dari syarat tersebut didapatkan responden penelitian sebanyak 4.086 orang. Responden yang sedang minum obat anti hipertensi sebanyak 3.626 orang, sedangkan yang tidak minum obat anti hipertensi sebanyak 460 orang.

Berdasarkan hasil pemeriksaan gigi, sekitar 52 responden menderita penyakit gusi (periodontitis). Sebagian besar dari penyakit gusi yang diderita adalah penyakit gusi tingkat sedang. Hanya 3 persen yang menderita penyakit gusi ringan dan 12 persen yang menderita penyakit gusi berat.

Berdasarkan catatan peneliti, tekanan darah sistolik rata rata meningkat seiring dengan dengan memberatnya penyakit gusi yang diderita.

Kesimpulan dari penelitian ini, penderita hipertensi akan mengalami kesulitan dalam mengelola tekanan darahnya menggunakan obat obatan anti hipertensi bila di saat yang sama dia juga menderita penyakit gusi.

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengobatinya

Periodontitis adalah penyakit infeksi pada gusi yang ditandai dengan kerusakan pada jaringan lunak dan penyangga gigi. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab paling sering dari tanggalnya gigi sehingga perlu segera diobati. Penderita periodontitis kebanyakan berasal dari mereka yang berusia remaja.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman