Bolehkah Ibu Hamil Makan Sate Padang?

Pertanyaan:

Dookk, bumil boleh makan sate padang kan yaaa???

Jawaban:

Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita mencari tahu dulu tentang Sate Padang. Dari beberapa sumber yang saya baca, Sate Padang adalah sebutan untuk beberapa varian sate yang berasal dari Sumatera Barat. Varian sate yang termasuk sate padang diantaranya, Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman.

Baca juga: Hasil Tes Kehamilan Positif Padahal Tidak Hamil? Ini Penyebabnya

Sate Padang terbuat dari daging sapi, lidah dan jeroan (jantung, usus dan tetelan). Setelah dibakar, Sate Padang dihidangkan dengan bumbu kuah kacang yang kental (mirip bubur) ditambah dengan cabai untuk memberikan rasa pedas.

Yang membedakan diantara tiga varian Sate Padang adalah kuah satenya. Untuk Sate Pariaman, kuahnya berwarna merah, sedangkan Sate Padang Panjang memiliki kuah yang berwarna kuning. Khusus untuk Sate Padang, kuah dan cita rasanya merupakan perpaduan dari kedua varian itu.

Nah, setelah mengetahui tentang seluk beluk Sate Padang, saya akan mencoba menjawab pertanyaan, bolehkah ibu hamil mengonsumsi Sate Padang?

Jawabannya tentu saja boleh, selama dalam proses pembuatannya, daging yang digunakan sebagai sate telah dimasak atau dibakar dengan baik.

Khusus untuk bumbu kuah, sebaiknya ibu hamil memilih kuah Sate Padang yang tidak terlalu pedas dan berminyak. Mengapa? Ibu hamil apalagi yang usia kehamilannya masih muda biasanya mengalami masalah pada lambung (mual dan muntah). Bumbu yang terlalu pedas dan berminyak bisa merangsang kenaikan asam lambung sehingga dapat memperparah keluhan pada lambung.

Saat mengonsumsi Sate Padang, ibu hamil sebaiknya juga mengonsumsi sayuran sebagai sumber serat dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Vitamin pada sayuran juga bermanfaat bagi janin yang masih di dalam kandungan.

Sate Padangnya sendiri yang terbuat dari daging merupakan sumber protein yang bagus untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Daging merah juga merupakan sumber zat besi yang bagus untuk ibu hamil. Sebagaimana diketahui, ibu hamil sangat rentan mengalami anemia akibat dari kekurangan zat besi. Anemia pada kehamilan berisiko menimbulkan masalah pada tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan.

Baca juga: Apakah Air Madzi Bisa Menyebabkan Kehamilan?

Akhir kata, ibu hamil silakan makan Sate Padang dengan tetap memperhatikan porsi yang seimbang. Selamat makan Sate Padang.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman